Rumus FITT Untuk Latihan Fisik Demi Kebugaran Tubuh

Rumus FITT Untuk Latihan Fisik Demi Kebugaran Tubuh 1

Olahraga bukan merupakan sesuatu yang asing bagi kita. Setiap orang berolahraga untuk menjaga kesehatan agar tetap dalam kondisi fisik yang prima. Menariknya banyak dari kita yang belum memahami bahwa berolahraga perlu mengikuti formula olahraga yang benar.

Formula olahraga yang benar, Artinya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan olahraga dirumah. F pertama adalah frekuensi olahraga. Umumnya, orang memiliki frekuensi olahraga paling tidak mencapai tiga sampai lima kali dalam satu minggu. Kedua, I atau intensitas. Ada tiga intensitas olahraga yakni rendah, sedang, dan tinggi. Ketiga, T atau time, waktu berolahraga pada umumnya dapat dimulai paling tidak 15 menit. Keempat, T atau tipe, yakni jenis olahraga yang dipilih.

  1. FREKUENSI

Rumus FITT Untuk Latihan Fisik Demi Kebugaran Tubuh 2

Frekuensi latihan sering dianggap sebagai kepadatan latihan (density of training). Densitas latihan menekankan pentingnya keseimbangan antara kerja dan interval istirahat, sehingga menjamin tercapainya rasio optimal antara respons tubuh terhadap beban dan lamanya pemulihan.

Oleh karena itu densitas latihan bergantung pada status kesehatan dan kebugaran jasmani para pelakunya untuk dapat memberikan efek latihan terhadap peningkatan kemampuan komponen kebugaran jasmani, frekuensi latihan sebaiknya 3-5 kali per minggu, berdasarkan pada prinsip latihan ada hari latihan berat dan ada hari latihan ringan.

2. INTENSITAS

Rumus FITT Untuk Latihan Fisik Demi Kebugaran Tubuh 3

Intensitas menyatakan berat ringannya beban latihan dan merupakan faktor utama yang mempengaruhi efek latihan terhadap fungsi tubuh atau fungsi dari kuatnya respons saraf terhadap beban tertentu pada waktu latihan.

Oleh karena itu pemberian beban latihan yang melebihi nilai ambang kemampuan adaptasi tubuh secara akut, akan menjadi “stressor” bagi tubuh dan dapat menimbulkan kondisi patologik, walaupun bila hal tersebut dikondisikan, secara kronik akan membuat tubuh mengadaptasi beban tersebut. sehingga intensitas latihan ini harus didasari dari kesadaran akan kemampuan tubuh dalam menjalankan sesi dari sebuah latihan.

3. TIME

Rumus FITT Untuk Latihan Fisik Demi Kebugaran Tubuh 4

Lama latihan mempunyai hubungan terbalik dengan intensitas. Bila intensitas latihan makin berat maka lama latihan harus lebih singkat dan sebaliknya. Sebaiknya waktu latihan pendek akan tetapi berisi padat dengan kegiatan yang bermanfaat dan menunjang komponen yang akan dibentuk.

Hal ini tentu saja sangat relevan dengan penerapan prinsip spesifik (specivity training). Latihan dengan waktu yang pendek akan memberikan keuntungan yaitu membawa atlet dalam alam berpikir tentang latihannya, sehingga proses pembentukan konsep gerak menuju otomatisasi dapat tercapai.

Lama latihan yang dianjurkan adalah :

  • Pemanasan 5 menit
  • Latihan inti 30-45 menit
  • Pendinginan 5 menit

4. TIPE LATIHAN

Rumus FITT Untuk Latihan Fisik Demi Kebugaran Tubuh 5

Bentuk latihan yang berbeda akan memberikan efek pada faal tubuh yang berbeda pula. Pada dasarnya hanya ada dua bentuk latihan fisik yaitu: latihan aerobik dan latihan anaerobik. Latihan aerobik atau kardio adalah beberapa bentuk aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung selama durasi tertentu dan mampu menurunkan berat badan.

Jika olahraga aerobik dilakukan untuk menurunkan berat badan, maka olahraga anaerobik ini berfungsi untuk menjaga berat badan dan membentuk massa otot. Jenis olahraga anaerobik lainnya adalah berlari sprint karena membutuhkan energi yang banyak dan menimbulkan kelelahan setelah melakukannya.

Dari paparan tentang konsep latihan fisik (frekuensi, intensitas, tipe, dan lama waktu latihan) yang diterapkan dalam pelaksanaan program latihan fisik, pada dasarya bertujuan agar latihan fisik yang diberikan memberikan efek yang positif, yaitu peningkatan kualitas fungsional sistem tubuh.

 

Sumber referensi: Tempo.co & terasolahraga

WhatsApp chat