Tips Waktu Terbaik Berolahraga Pada Saat Bulan Puasa

Tips Waktu Terbaik Berolahraga Pada Saat Bulan Puasa 1

Puasa bukan pantangan untuk tetap berolahraga, namun tentu perlu berbeda dalam beberapa hal mengingat kondisi tubuh selama berpuasa tak sama dengan di saat tidak puasa. Lebih penting dari itu, kapan waktu yang tepat berolahraga dalam kondisi berpuasa, agar tidak menggangu puasa.

Sebenarnya, waktu yang tepat untuk Anda melakukan olahraga saat puasa tergantung pada diri Anda sendiri. Selama Anda tidak merasa lemas dan pusing setelah melakukan olahraga saat puasa, ini tidak menjadi masalah. Kekuatan setiap orang untuk berpuasa bisa berbeda-beda. Namun, terdapat waktu paling baik bagi Anda untuk melakukan olahraga lari saat puasa, yaitu:

  1. Olahraga Setelah Sahur

Tips Waktu Terbaik Berolahraga Pada Saat Bulan Puasa 2

Tips Waktu Terbaik Berolahraga Pada Saat Bulan Puasa 3

Setelah sahur Anda juga bisa melakukan olahraga. Tubuh Anda telah menerima energi dari makanan yang Anda makan saat sahur, sehingga Anda bisa melakukan olahraga pada saat ini. Namun, sebaiknya olahraga yang Anda lakukan setelah sahur adalah olahraga dengan intensitas ringan. Olahraga setelah sahur baik Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa.

Ketika puasa kita tidak melakukan olahraga maka yang terjadi adalah badan akan lemas dan tidak bersemangat, maka sangat dianjurkan untuk  minimal melakukan jalan pagi setelah sahur 10-15 menit untuk kebugaran tubuh selama puasa.

2. Olahraga Setelah Berbuka Puasa

Tips Waktu Terbaik Berolahraga Pada Saat Bulan Puasa 4

setelah berbuka puasa adalah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga, karena waktu tersebut adalah waktu tubuh mendapatkan asupan makanan setelah berbuka. Sehingga tubuh sudah mendapatkan kembali cairan yang hilang selama berpuasa tadi. Dianjurkan melakukan olahraga dua sampai tiga jam setelah buka puasa. Tunggu sampai makanan dicerna oleh tubuh sehingga tubuh mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga.

Lakukanlah olahraga setelah melakukan sholat terawih, dengan begitu tidak akan menggangu waktu ibadah. Olahraga bisa di lakukan dari intensitas ringan sampai berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot bisa dilakukan 30-60 menit.

Seperti yang sudah di bahas diatas, olahraga merupakan suatu kewajiban untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama bulan puasa. Sehingga olahraga perlu dilaksanakan sesuai dengan waktu yang sudah di anjurkan dan tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Selamat berpuasa dan salam sehat!

Sumber referensi: hallosehat & detikhealth

WhatsApp chat