Alat Olahraga Lari

alat olahraga lari

Alat Olahraga Lari

Apa saja sih alat olahraga lari? Dalam melakukan olahraga lari, anda bisa menggunakan alat seperti treadmill.

Pada dasarnya treadmill di desain untuk melakukan olahraga lari dengan santai, penggunaan alat olahraga lari treadmill terbilang cukup mudah. Anda bisa melakukannya hanya di dalam rumah saja.

Bila biasanya anda hanya menemukan alat olahraga lari di tempat-tempat gym, mungkin kali ini anda bisa memilikinya dirumah sendiri. Karena alat olahraga treadmill banyak dijual pasaran, baik online maupun offline.

Bagi anda yang ingin mengenal alat olahraga lari, simak ulasan berikut!

Tidak heran bila olahraga sudah menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh sebagian orang, baik anak-anak, dewasa, bahkan orang tua sekalipun. Berolahraga sudah menjadi kewajiban untuk menjaga daya tahan tubuh, metabolisme, dan intensitas tubuh.

Anda bisa melakukan olahraga lari kapanpun dan dimanapun, karena sudah tersedianya alat olahraga seperti treadmill. Olahraga bukan hanya senam saja, akan tetapi bisa dengan cara lain, termasuk memanfaatkan alat olahraga lari treadmill.

Manfaat Alat Olahraga Lari

  • Membuat tubuh lebih bugar

Dengan alat olahraga lari, tentunya tubuh anda akan menjadi lebih bugar. Hal ini karena ketika berlari segala saraf bereaksi terhadap gerakan yang dilakukan, sehingga saraf tersebut tertarik dan menjadi lebih kuat. Namun bila tidak dilakukan dengan rutin, olahraga lari akan terasa sia-sia saja, karena olahraga lari meningkatkan sistem metabolisme tubuh, baik pernapasan, maupun stamina diri.

  • Menurunkan berat badan

Dengan alat olahraga lari, berat badan pad atubuh anda bisa diatasi. Olahraga lari memang dapat membakar lemak dan kalori dalam jumlah besar. Karena ketika anda berlari tentunya akan menghasilkan keringat, keringat tersebutlah yang menjadi proses pembakaran lemak . Namun dalam penurunan berat badan ini, tergantung jauhnya jarak yang anda tempuh ketika berlari menggunakan alat olahraga.

  • Mengatasi masalah tidur

Dengan alat olahraga lari, memang bisa mengatasi permasalahan tidur anda. Hal ini terjadi karena ketika berolahraga, anda akan mengeluarkan keringat, Nah keringat ini yang membuat anda akan terasa lelah dan mengantuk. Sehingga anda akan merasa ingin cepat-cepat bersitirahat, kemudian saraf anda akan melemah dan membuat anda mengantuk. Dengan begitu, tidur akan terasa lebih nyenyak.

  • Menguatkan Otot dan Tulang Kaki

Dengan alat olahraga lari, pastinya akan menguatkan segala otot tulang kaki anda. Hal ini terjadi, karena olahraga lari menggunakan tumpuan telapak kaki sebagai pijakannya. Lambat laun kaki anda akan menjadi berotot, bahkan tulang kaki anda akan menguat dan membesar. Dengan begitu, kaki anda akan menjadi lebih atletis, bahkan stamina akan bertambah dalam melakukan olahraga lari.

  • Mengurangi resiko penyakit jantung

Dengan alat olahraga lari, kabarnya bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Faktanya, telah dibuktikan kalau berlari dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Sehingga peredaran darah yang lancar membuat resiko terkena penyakit jantung koroner berkurang. Dengan begitu kondisi anda dapat meningkat, dan kinerja jantung dapat terlatih untuk berkontraksi dengan saraf lainnya.

Jenis – Jenis Alat Olahraga Lari

Treadmill adalah alat olahraga yang membantu anda berjalan, berlari, dan joging ditempat. Alat olahraga treadmill biasanya sering dijumpai di pusat-pusat kebugaran seperti Gym, namun banyak orang yang akhirnya membeli treadmill ini untuk dirumahnya. Menggunakan alat treadmill sangat mudah, terdapat karpet kanvas yang dikhususkan untuk anda berlari dengan. Terdapat pengaturan kecepatan lari dan monitor speed. Pada treadmill ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu treadmill magnetic, treadmill manual, dan treadmill elektrik.

alat olahraga lari Treadmill magnetikTreadmill magnetikTreadmill yang digunakan untuk olahraga lari, alat ini tidak menggunakan listrik. Pergerakan perputaran roda yang terhubung dengan karpet hanya menggunakan sebuah magnet. Treadmill ini sangat sederhana, bentuknya mungil dan ciamis membuat siapa saja mengiginkannya.

Sfesifikasi :

  1. Dilengkapi layar LCD untuk menghitung waktu, distance, kecepatan dan kalori yang terbakar.
  2. Menggunakan kekuatan magnet
  3. Dimensi produk : 40 x 58 x 138 cm
  4. Dapat dilipat untuk menghemat ruang penyimpanan
  5. Perawatan mudah, dibersihkan dengan kain atau vacum cleaner
  6. Tidak dapat di setting, karena menggunakan tenaga sendiri

 

alat olahraga lari Treadmill manualTreadmill manualTreadmill yang digunakan untuk olahraga, alat ini tidak memiliki motor penggerak, hanya cukup berjalan atau berlari di atas karpet sesuai langkah kaki anda. Kelebihan treadmill manual adalah, mudah dalam perawatannya,tidak membutuhkan energy listrik untuk mengoperasikannya. Treadmill ini sangat praktis, bentuknya elegan dan mewah sangat cocok untuk olahraga dirumah.

Spesifikasi :

  1. Tidak menggunakan motor, hanya cukup berjalan/berlari bergerak mengikuti langkah kaki.
  2. Run area standart sekitar 35cm
  3. Dimensi standart home use
  4. Settingan menanjak/incline dari pen/per
  5. Perawatan mudah & simple
  6. Super awet (HEAVY DUTY)

 

alat olahraga lari Treadmill elektrikTreadmill elektrik Treadmill yang digunakan untuk olahraga lari, alat ini menggunakan motor penggerak oleh listrik. Feature yang ditawarkan pada treadmill elektrik lebih banyak, seperti pemutar musik, pengatur ketinggian, dan pengatur kecepatan. Kekurangannya treadmill elektrik, bila tidak ada listrik tidak akan bergerak. Treadmill ini mewah, bentuknya trendi bisa untuk olahraga lari.

Spesifikasi :

  1. Penggeraknya menggunakan Motor berkapasitas 1-3HP (home use), 3HP++ (komersial use)
  2. Run area lebar 35cm++ (hingga 52cm)
  3. Dimensi lebih lebar terlihat mewah
  4. Settingan menanjak/incline ada yang manual ada juga yang otomatis
  5. Perawatan mudah, diteteskan minyak pelumas

 

Perlengkapan Alat Olahraga Lari

  • Sepatu Lari

Perlengkapan olahraga lari yang pertama yaitu sepatu. Miliki sepatu olahraga yang nyaman dikenakan agar tidak membuat kaki lecet dan sakit. Ketahui juga cara memilih sepatu lari yang tepat. Pilih sepatu lari yang memiliki sol berbahan karet kualitas baik. Hal ini untuk menghindari tergelincir ketika alas sepatu bergesekan dengan tanah maupun aspal. Selain itu, gunakan sepatu yang memiliki ukuran yang pas di kaki. Jangan gunakan sepatu kebesaran atau kekecilan. Hal ini karena dapat mempengaruhi performa lari Anda.

  • Pakaian Lari

Gunakan pakaian olahraga yang tepat. Untuk iklim tropis seperti Indonesia, pilihlah bahan yang nyaman dikenakan dan menyerap keringat. Hal ini sangat penting karena ketika lari Anda akan mengeluarkan banyak keringat. Jika pakaian lari yang Anda kenakan tidak menyerap keringat, maka Anda akan merasa tidak nyaman. Hal itu akan berdampak pada turunnya performa lari Anda. Saat ini sudah banyak yang menjual variasi pakaian lari yang lengkap dan murah. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko perlengkapan olahraga terdekat di tempat Anda tinggal.

  • Aksesoris Lari

Akserois lari yang perlu Anda siapkan adalah topi atau kacamata. Dua-duanya adalah perlengkapan opsional yang bisa Anda ikuti atau tidak. Namun jika mengingat kondisi iklim di Indonesia yang tropis, maka Anda mungkin akan membutuhkannya. Topi membantu melindungi Anda dari sinar matahari yang dapat menyilaukan pandangan. Lalu kacamata dapat menghindari paparan sinar matahari langsung ke wajah anda, Tujuannya agar wajah anda tidak silau ketika melakukan lari berkilometer.

  • Handuk

Perlengkapan terakhir yang juga perlu Anda disiapkan yaitu handuk kecil. Handuk kecil ini bisa Anda gunakan ketika Anda merasa berkeringat banyak dan gerah. Handuk yang baik adalah yang berbahan lembut dan menyerap keringat. Anda bisa menyampirkannya di pundak atau leher selama Anda melakukan lari. Dengan begitu, Anda tidak harus merasa panas dan gerah terlalu lama dengan sesekali mengelapkannya. Anda juga tidak perlu berhenti terlalu lama hanya untuk mengeringkan keringat.

  • Air Minum

Anda akan mengeluarkan banyak cairan melalui keringat ketika lari. Oleh karena itu penting juga membawa air minum yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Anda bisa meminumnya ketika mengalami kelelahan atau haus. Namun jangan terlalu banyak minum air berlebihan jika Anda tidak ingin mengalami mual atau muntah-muntah. Sebaiknya minumlah air ketika Anda sudah selesai lari. Jangan banyak minum ketika Anda masih ingin melanjutkan lari.

4 Hal Sebelum Melakukan Olahraga Lari

  • Melakukan Pemanasan

Melakukan pemanasan sebelum lari sangat penting. Hal ini untuk menghindari terjadinya cidera ketika lari. Sebelum mulai, cobalah lakukan pemanasan 10-15 menit terlebih dahulu. Lakukan pemanasan yang benar, salah satunya dengan melakukan lari di tempat. Lakukan cara lari di tempat yang benar agar otot-otot kaki mengalami peregangan. Selain menghindari cidera, pemanasan yang benar juga berguna untuk mencegah pegal-pegal pada persendian setelah lari.

  • Tidak Banyak Makan

Jangan melakukan olahraga lari ketika tubuh dalam keadaan masih kekenyangan. Hindari makan banyak, paling tidak 2 jam sebelum lari. Perut yang penuh hanya akan menyebabkan pusing, mual, dan muntah jika dipaksa berolah raga lari. Oleh karena itu, makan secukupnya saja. Hindari juga makan makanan yang terlalu berlemak atau berminyak karena tidak baik bagi pencernaan. Bisa-bisa, sebelum mulai lari Anda malah terus pergi ke belakang.

  • Banyak Minum Air Putih

Saat melakukan olahraga lari, tubuh sebaiknya tidak dalam keadaan dehidrasi. Tubuh harus mendapatkan cairan yang cukup, tidak kurang pun tidak berlebihan. Saat melakukan olahraga lari, tubuh akan banyak bergerak sehingga akan mengeluarkan banyak keringat. Melakukan olahraga lari saat kurang cairan hanya akan memperparah kondisi tubuh. Bisa-bisa Anda justru mengalami pingsan. Begitu juga ketika kebanyak minum air, nanti dapat menyebabkan mual dan kram perut.

  • Memahami Kondisi Tubuh

Perhatikan baik-baik kondisi kesehatan Anda sebelum melakukan olahraga lari. Jangan terlalu memaksakan diri kalau memang kondisi fisik sedang tidak baik. Kenali dan pahami tanda-tanda kesehatan pada tubuh Anda. Jika mengalami kelelahan atau sedang tidak terlalu sehat untuk berolahraga, sebaiknya istirahat yang cukup. Tetap berolahraga ketika tubuh sedang tidak fit hanya akan menyebabkan masalah kesehatan baru. Alih-alih jadi sehat, malah jadi semakin sakit.

Sumber : https://olahragapedia.com/perlengkapan-olahraga-lari/

WhatsApp chat