Alat Olahraga Dirumah

alat olahraga dirumah

Alat Olahraga Dirumah

Apa saja sih alat olahraga dirumah? Pastinya setiap orang ingin dong mempunyai alat olahraga dirumah! Bentuknya yang elegan dan banyak macam membuat orang ingin memilikinya.

Masyarakat biasanya lebih cenderung memilih alat olaharga di rumah, Anda bisa bebas melakukan olahraga kapanpun. Tanpa ada hambatan waktu, hal ini bisa dibarengi dengan aktivitas lainnya. Bahkan olahraga di rumah dapat melatih otot, meningkatkan stamina atau menjaga metabolisme tubuh Anda.

Bagi anda yang ingin mempunyai alat olahraga sendiri, simak ulasan berikut!

Dalam membeli alat olahraga, Anda harus mempertimbangkan dahulu. Alat olahraga seperti apa yang anda butuhkan, jangan sampai anda salah memilih. Karena orang membeli alat olahraga, biasanya untuk perlengkap rumah. Belum tentu alat yang dibelinya bakalan digunakan.

Bila anda ingin membeli alat olahraga, perlu mempertimbangkan antara kesesuaian fungsi alat tersebut dengan kondisi rumah anda, apakah alat tersebut bisa di letakan dalam rumah atau tidak. Karena umumnya alat olahraga terbagi 2, menggunakan listrik dan secara manual (tanpa listrik). Untuk alat olahraga listirk biasanya bentuknya lebih besar, karena dilengkapi mesin penggeraknya. Sedangkan pada alat olahraga manual lebih ringan, karena tidak terdapat mesin penggerak.

Fungsi alat olahraga sendiri adalah untuk membantu menjaga kondisi tubuh, agar tubuh anda bisa berkeringat dan metabolisme meningkat. Berikut 4 alat olahraga dirumah wajib miliki!

alat olahraga treadmill
1. Alat Olahraga Treadmill

Treadmill

Treadmill Alat olahraga rumah yang pertama yaitu treadmill, merupakan alat olahraga yang paling dikenal oleh banyak orang. Treadmill memiliki banyak fungsi, yaitu sebagai alat lari, alat joging, dan alat jalan santai. Treadmill ini mampu menggantikan olahraga lari diluar rumah, sehingga anda bebas untuk melakukan lari didalam rumah kapan saja. Ada dua jenis treadmill yaitu treadmill manual dan treadmill elektrik. Treadmill elektik biasanya digerakan oleh mesin motor, sedangkan treadmill manual digerakan sendiri. Harga treadmill cukup mahal, kisaran 2jt – 11jt. Namun kualitasnya tidak bisa di anggap remeh, karena alat olahraga yang satu ini memilki fitur menarik, dan awet untuk jangka waktu lama.

alat olahraga sepeda statis
2. Alat Olahraga Sepeda Statis

Sepeda Statis

Sepeda Statis – Alat olahraga rumah yang kedua yaitu sepeda statis, merupakan alat olahraga yang penggunaanya sama seperti menaiki sepeda pada umumnya. Namun pada sepeda statis ini tidak memiliki roda dengan, melainkan hanya roda belakang yang di lengkapi pedal penggoes. Sepeda statis bisa digunakan oleh siapa saja, karena alat ini mudah di operasikan, cukup duduk di atas bantalan sepeda, lalu ayunkan pedal sesuai keinginan. Dengan menggunakan sepeda statis anda bisa menjaga keseimbangan tubuh. Harga sepeda statis tidak terlalu mahal, kisaran 1jt – 3jt. Kualitas sepeda statis cukup baik, terdapat fitur Heart Rate Monitor, anda akan tahu berapa lama waktu berolahraga, sehingga olahraga anda terlihat maksimal.

alat olahraga elliptical
3. Alat Olahraga Elliptical

Elliptical

EllipticalAlat olahraga rumah yang ketiga yaitu Elliptical, merupakan alat olahraga yang seumpamanya menaikin anak tangga. Elliptical bentuk inovasi baru yang di buat untuk semua kalangan, karena lebih mudah penggunaanya. Anda bisa menaruh kedua kaki di kotak pedal, lalu pegang tiang penyanggah, maka alat ini akan menggerakannya seirama dengan gerakan kaki dan tangan anda. Menggunakan elliptical dapat membantu membakar kalori pada tubuh, bentuk latihannya mirip sekali dengan kardio. Alat ini tidak menggunakan listrik, namun perlu sinkronisasi antara kaki dna tangan. Harga ellipticall kisaran 1jt – 2jt. Kualias alatnya tidak perlu diragukan lagi. Alat ini lebih dipilih oleh ibu rumah tangga karena ringan dan murah.

alat olahraga homegym
4. Alat Olahraga Homegym

Homegym

Homegym – Alat olahraga rumah yang terakhir yaitu Homegym, merupakan alat olahraga yang paling lengkap diantara alat olahraga lainnya. Homegym biasanya digunakan oleh member fitness untuk latihan pull up, olahraga ini cocok untuk anda yang ingin membentuk otot diseluruh tubuhnya. Penggunaan homegym cukup mudah, anda hanya perlu mengatur posisi duduk yang diinginkan, lalu anda bisa menariknya dengan kedua lengan. Alat homegyn jarang digunakan di rumah, karena lebih cenderung kepada member gym. Namun tidak menutup kemungkinan bila anda ingin mendapatkan alat homegym ini di rumah sendiri. Harga homegym relatif murah, kisaran 1jt – 6jy, tergantung bentuk dan paket yang ingin anda pilih. Kualitasnya sama seperti alat olahraga lainnya yaitu treadmill, sepeda statis, dan elliptical.

BACA JUGA : TOKO ALAT OLAHRAGA

5 Keuntungan Memiliki Alat Olahraga Rumahan

Menjaga kesehatan bukan hanya dengan asupan gizi saja, akan tetapi perlu olahraga yang teratur. Salah satunya dengan memanfaatkan alat olahraga rumahan! Perlu dipehatikan, dalam memilih alat olahraga bukan dilihat dari harganya tetapi dari kualitasnya, walaupun harga murah belum pasti murahan. Berikut 4 keuntungan memiliki alat olahraga rumahan!

  • Hemat Waktu

Banyak yang bilang jika olahraga dirumah sangat menghemat waktu, betul sakali! Anda bebas melakukan olahraga kapan pun & dimana pun, karena tentunya Anda tidak perlu repot keluar rumah hanya untuk pergi ke tempat gym setiap harinya. Anda bisa melakukan olahraga sambil mengerjakan hal lain dengan menggunakan alat olahraga lari di rumah.

  • Membuat Irit

Bila anda mempunyai alat olahraga sendiri rasanya anda tidak akan mengeluarkan uang lebih, karena biaya ke tempat gym terbilang cukup mahal ketimbang olahraga sendiri di rumah. Anda bisa memanfaatkan alat olahraga dirumah Anda sendiri, baik itu alat olahraga besar ataupun kecil, Anda bisa menyisikan uang tanpa harus ke pergi tempat gym lagi.

  • Meyenangkan

Biasanya dengan hadirnya alat olahraga dirumah membuat Anda tidak ingin keluar rumah, hal ini yang membuat perasaan Anda menjadi senang dimana Anda bisa melakukan olahraga bareng suami atau anak. Terlebih lagi dengan menggunakan alat olahraga sendiri Anda bisa leluasa meluangkan waktu bercanda & bercengkrama bersama keluarga tercinta.

  • Bebas Memilih

Olahraga pastinya menjadi menyenangkan ketika dilakukan di rumah, karena dengan alat olahraga Anda bisa bebas memilih jenis alat fitness seperti apa yang cocok untuk di tempatkan dirumah, baik itu seperti treadmill ataupun sepeda stastis. Anda bisa memilih alat olahraga kesukaan Anda sesuai dengan kapasitas ruangan di rumah Anda.

  • Menemani Aktivitas

Terkadang beraktivitas di rumah membuat kita menjadi bosan, akan tetapi bila ada sesuatu alat yang bisa menemani kita berolahraga mungkin bisa sangat menyenangkan. Oleh karena itu untuk menemani aktivitas anda dirumah, Anda bisa memilih alat olahraga yang sesuai dengan kebutuhan, seperti alat olahraga treadmill atau sepeda statis misalnya.

BACA JUGA : ALAT OLAHRAGA LARI

10 Alat Olahraga di Rumah Lainnya

  1. Sepasang Dumbell : Jika belum begitu berani untuk menjajal angkat beban, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan dumbell untuk melatih kekuatan lengan. Dumbell bentuknya lebih kecil dan pendek dari barbel, hanya bisa digunakan untuk satu tangan. Ukuran berat dumbell pun bermacam-macam, berkisar dari 2-10 kg, tergantung pada kemampuan kamu.
  2. Matras Yoga : Yoga membantu relaksasi tubuh sekaligus membentuk tubuhmu agar lebih indah. Tak perlu melakukan yoga yang rumit, cukup sederhana saja misalnya pose bertapa, child pose, cobra pose, dan lainnya. Jangan lupa gunakan matras yoga agar mendukung kegiatan olahraga kamu. Selain simpel, aktivitas ini pun tidak memakan banyak tempat di rumah, sehingga kamu bisa melakukannya di mana saja.
  3. Tali Skipping : Olahraga ini tidak begitu mahal, kamu hanya harus menyediakan karet gelang yang nantinya akan dibuat menjadi tali. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tali skipping. Cukup mencari tempat yang luas sekitar rumah. Seperti teras, taman, atau balkon lalu kamu bisa melakukan olahraga ini. Jika rutin, lompat tali akan memperkuat otot-otot yang ada di kaki.
  4. Bola Gym : Ketika program olahraga untuk melatih perut secara konvensional membuat kamu bosan, olahraga mengecilkan perut dengan memanfaatkan gym ball bisa dicoba. Program latihan menggunakan gym ball mampu membantu mengecilkan perut, terutama bagi para wanita untuk perut tak hanya menjadi lebih kecil dan ramping tapi juga memiliki otot.
  5. Resistance Band : Pada dasarnya, tidak ada aturan yang pasti soal olahraga dengan resistance band. Namun, tak jauh berbeda dengan olahraga yang lainnya, kamu bisa menyesuaikan durasinya sesuai dengan kondisi tubuh. Misalnya sudah terbiasa berolahraga atau belum. Pastikan kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga dengan resistance band.
  6. Pull Up Bar : Pull up merupakan olahraga yang diminati pria dalam membentuk otot-otot tubuh, akan tetapi alat ini juga bisa untuk para wanita. Dalam melakukan gerakannya, Anda bisa melakukan dengan posisikan tubuh seperti menggelantungkan tangan dan raih bar yang sudah disediakan. kemudian angkat badan denga topangan tangan hingga dagu sejajar dengan bar-nya.
  7. Push Up Bar : Peralatan olahraga berikutnya yang wajib kamu miliki untuk semakin menyempurnakan sarana olahraga rumahan yaitu push-up bar. Meskipun sebetulnya push-up bisa dilakukan tanpa bantuan alat ini, namun hasilnya juga berbeda. Alat ini dapat membantu lebih mengoptimalkan hasil push-up Anda dalam membentuk otot perut, dada, dan memperbaiki postur tubuh.
  8. Samsak Tinju : Samsak tinju bisa jadi alat olahraga rumah yang selain membuat kita berkeringat, juga dapat menjadi ‘pelampiasan’ emosi. Dengan ini, kamu bisa meluapkan kekesalan tanpa harus melukai siapa pun. Samsak juga dapat kamu manfaatkan sebagai latihan bela diri yang tentunya sangat penting jika suatu saat kita berada dalam situasi berbahaya yang mengancam nyawa.
  9. Foam roller : Foam roller adalah gulungan busa empuk yang digunakan untuk melemaskan otot-otot yang terasa kaku dan kencang sehabis olahraga berat. Foam roller juga bisa digunakan sebelum Anda berolahraga guna mencegah cedera. Foam roller juga bisa menjadi alat bantu olahraga selama yoga untuk melatih dan menguatkan keseimbangan tubuh. Manfaat lainnya dari foam roller adalah untuk menghilangkan selulit di tubuh.
  10. Ketel Gym : Ketel merupakan alat olahraga berbentuk bola beban yang memiliki pegangan di atasnya. Cara menggunakan ketel adalah diangkat atau diayunkan. Ketel gym ini cocok untuk melatih otot bagian atas, termasuk otot inti tubuh. Meski begitu, Anda juga bisa memodifikasi sesi plank, squat, hingga pushup dengan menggunakan alat ini guna membantu menguatkan bagian tubuh bawah, seperti bokong, paha dan betis.

Sumber : https://www.tokopedia.com/blog/top-alat-olahraga-di-rumah/

WhatsApp chat