Perbedaan Alat Fitness Yang Perlu Kamu Tahu!

Saat ini berolahraga memang sudah menjadi rutinitas wajib bagi setiap orang. Kehidupan super sibuk yang harus diimbangi dengan hidup sehat dan olahraga yang teratur agar badan tetap bugar dan sehat.

Biasanya dengan kehidupan ibu kota yang sibuk waktu untuk berolahraga ke gym sangatlah minim karena waktu yang juga sangat terbatas. Maka dari itu banyak alat fitnes yang juga dijual untuk penggunaan di dalam rumah.

Sebelum Anda membeli alat fitness untuk di rumah lebih baik Anda tahu terlebih dahulu perbedaan alat-alat fitnes berikut:

  1. Manual Treadmill Vs Motorized Treadmill

Treadmill sendiri memiliki dua varian bermotor dan tidak bermotor. Dengan tipe treadmill yang berbeda jenis latihan Anda akan berbeda tergantung pada pilihan Anda.

  • Manual Treadmill ( tidak bermotor)

Pada treadmill manual, gerakan kaki Anda menjadi fokus utama pada latihan, karena karpet pada treadmill manual baru akan bergerak mengikuti gerakan kaki Anda. Berlari ataupun berjalan di atas treadmill manual akan lebih banyak menghabiskan banyak tenaga dibandingkan dengan motorized treadmill ( treadmill bermotor).

  • Motorized Treadmill ( treadmill bermotor)

Pada motorized treadmill, tenaga motor dinamo adalah salah satu faktor besar kualitas mesin. Anda harus mencari setidaknya 1,5 tenaga motor dinamo terus menerus (CHP). Anda memerlukan motor yang lebih besar untuk pengguna yang lebih berat dan untuk kecepatan yang lebih tinggi. Dengan bantuan canggih dari berbagai pilihan latihan pada monitor treadmill Anda dapat mengatur bagaimana Anda ingin berlatih saat berolahraga.

2. Dumbbell vs Barbell

Sebenarnya, kedua jenis latihan ini bisa sama efektifnya secara umum untuk hampir setiap tujuan. Jadi Anda bisa memilih salah satu atau bahkan berlatih dengan keduanya dan semua itu merupakan pilihan Anda.

  • Dumbbell

Dumbbell merupakan alat angkat beban berukuran antara 10-15 inci. Dumbbell dibagi menjadi 2 jenis yaitu Fixed Weight (bebannya tetap atau tidak dapat diubah) dan Adjustable Weight (beban dapat disesuaikan).

  • Barbell

Barbell merupakan alat angkat beban berukuran besar dan panjang. Ada 2 tipe barbell yaitu Standart dan Olympic. Barbell Standart mampu menahan beban hingga 200 lbs sedangkan Barbell Olympic mampu menahan beban hingga 800 lbs. Beban ini diamankan dan dimantapkan posisinya dengan cincin untuk mencegahnya terlepas ketika tengah berolahraga yang bisa mengakibatkan cedera, atau jatuhnya barbell.

Pemilihan alat fitness di rumah bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda saat berolahraga. Dengan memilih alat fitness yang tepat maka uang dan waktu Anda tidak akan terbuang percuma, dan yang paling penting adalah bagaimana Anda terus berolahraga agar badan tetap sehat dan bugar. Salam sehat!

Sumber referensi: awworkoutroutine.com, mensjournal.com, indoorfitness.com, fitlifeart.com, dan verywellfit.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat