Panduan Mengukur Detak Jantung Maksimum Dan Targetnya

Sekalipun alat olahraga bermanfaat bagi kesehatan, jika dilakukan secara berlebihan maka Anda bisa merasakan nyeri saat melakukan gerakan. Semakin cepatnya detak jantung saat olahraga adalah respons alami tubuh untuk menyediakan cukup oksigen dengan cara meningkatkan aliran darah dan meningkatkan pernapasan.

Panduan Detak Jantung Normal saat Olahraga

Pada saat berolahraga, sebaiknya Anda tetap memperhatikan detak jantung Anda. Di bawah ini adalah panduan mengenai detak jantung berdasarkan usia. Batas atas digunakan untuk target detak jantung untuk setiap aktivitas atau olahraga dengan intensitas tinggi. Sedangkan batas bawah adalah target detak jantung untuk setiap olahraga atau aktivitas dengan intensitas sedang.

Mengukur Intensitas Olahraga secara Manual

Setelah Anda tahu bahwa detak jantung adalah indikator, Anda mungkin ingin lebih berhati-hati dalam melakukan olahraga. Jika Anda berolahraga di pusat kebugaran atau gym, mungkin Anda akan lebih mudah mengetahui detak jantung melalui monitor yang tersedia.

Setiap orang harus menyesuaikan target dan maksimal Heart Rate berdasarkan umurnya. Berikut penjelasannya:

Beats per minute ( detak jantung per menit)

Perhitungan di atas hanyalah sebagai perkiraan. Untuk lebih tepatnya, Anda bisa melakukan tes latihan bergradasi (bertahap). Disarankan juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Karena pengobatan atau kondisi medis dapat mempengaruhi batas maksimal detak jantung seseorang.

Jika Anda rutin melakukan olahraga, mengetahui dan mengingat baik-baik informasi di atas adalah hal yang penting. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda akan lebih paham kapan harus mengurangi laju serta intensitas gerakan dan kapan harus meningkatkannya, sehingga manfaat olahraga akan lebih terasa karena Anda tidak melakukannya secara berlebihan ataupun kurang.

Mengenali dengan baik detak jantung normal pada saat berolahraga, akan membantu Anda dalam memperkirakan porsi olahraga yang tepat bagi tubuh. Sehingga, manfaat kesehatan dalam menjalani olahraga pun bisa Anda dapatkan dengan baik.

Sumber referensi: heart.org, alodokter.com, dan medicalogy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat