Dumbbell vs Kettlebell untuk Melatih Kekuatan Otot

Dumbbell adalah sejenis alat angkat beban bebas yang digunakan dalam latihan beban. Alat ini dapat digunakan sendiri atau berpasangan masing-masing digenggam satu tangan. Sedangkan Kettlebell perangkat latihan beban yang berbentuk seperti peluru meriam yang memiliki pegangan.

Dumbbell adalah alat olahraga favorit untuk latihan beban berat yang telah digunakan selama puluhan tahun di gym di seluruh dunia, karena mereka memiliki berbagai kegunaan. Sedangkan Kettlebell adalah alat latihan beban terbaru di dunia fitness dan semakin popular.

Dumbbell dan Kettlebell merupakan alat latihan kekuatan otot dengan keuntungan yang berbeda. Berikut adalah keuntungan penggunaan kedua alat tersebut:

Keuntungan Penggunaan Dumbbell

  • Berbagai Variasi Latihan

Dumbbell dapat digunakan untuk melakukan lebih dari 30 variasi gerakan seperti hammer curl, bicep curl, dan lain sebagainya. Selain itu dapat juga digunakan untuk latihan selain angkat beban seperti aerobik.

  • Menjaga Keseimbangan Otot

Secara umum variasi latihan menggunakan dumbbell tidak melatih satu bagian saja melainkan satu set otot sebagai contoh jika kita melakukan bicep curl maka yang terlatih tidak hanya otot bicep namun otot lengan dan tangan juga terlatih.Latihan semacam inilah yang akan membuat keseimbangan pada otot-otot kita termasuk memperkuat sendi-sendi.

  • Lebih Murah

Alat ini relatif murah karena termasuk alat yang simpel. Selain yang terbuat dari logam, ada juga yang terbuat dari plastik yang diisi dengan semen sehingga harga dumbbell pun jauh lebih murah.

Keuntungan Penggunaan Kettlebell

  • Kombinasi Latihan

KettlebellĀ digunakan terutama untuk gerakan berayun, sehingga alat ini bisa menciptakan kombinasi latihan kekuatan dan kardio dalam satu latihan. Kemampuan untuk mengayunkan kettlebell memberikan pelatihan bagi kelompok otot di seluruh bidang.

  • Meningkatkan Fungsional Tubuh

Kettlebell meningkatkan kekuatan fungsional tubuh yang biasanya berarti kekuatan yang berlaku dalam situasi kehidupan sehari-hari. Seperti memperbaiki tingkat pernafasan, detak jantung dan meningkatkan massa otot.

  • Menghemat Tempat

BentukĀ kettlebellĀ cukup simpel dan tidak terlalu makan tempat. Dengan bentuknya yang simpel sehingga lebih mudah menyimpannya di lemari atau sudut ruangan tanpa mengganggu mobilitas di dalam rumah.

Menggunakan Dumbbell dan Kettlebell pada saat latihan bisa mempunyai keuntungan yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan dan kebutuhan latihan Anda. Anda bisa mengkombinasikan latihan antara Dumbbell dan Kettlebell di hari yang berbeda 1 hari menggunakan dumbbell hari selanjutnya menggunakan kettlebell. Semoga bermanfaat!

Sumber refereansi: verywellfit.com, idgetfit.com, glitzmedia.com dan lifestyle.okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat