Bagaimana Umurmu Menentukan Jenis Olahragamu!

Kebutuhan aktivitas fisik tiap orang bisa berbeda-beda tergantung dari banyak faktor termasuk salah satunya usia. Sebagai contoh anak kecil mungkin butuh alat olahraga yang menstimulasi kemampuan fisiknya sementara lansia tidak bisa melakukan olahraga terlalu intens.

Latihan juga menjadi penting dilakukan secara rutin seiring dengan pertambahan usia. Umumnya setiap orang akan memilih jenis olahraga yang sesuai dengan minat dan kebutuhan. Meski semua variannya baik untuk tubuh namun ada beberapa olahraga yang lebih bermanfaat dilakukan pada usia tertentu.

  • Usia 20-an: Metabolisme Tertinggi

Pada usia ini kamu tak perlu bingung untuk memilih jenis olahraga, karena pada usia ini tak masalah untuk melakukan jenis olahraga apa pun. Alasannya, usia 20-an adalah masa dimana metabolisme sedang berada di puncak tertinggi, dan seluruh fungsi tubuh bekerja dalam kapasitas optimalnya. Meski begitu, kamu tetap memerlukan latihan rutin untuk membuat tubuh mudah beradaptasi.

Olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga yang berkardio tinggi seperti, bermain bola, basket, dance, dan running.

  • Usia 30-an: Mulai Rentan

Banyak yang merasa kalau tubuh masih sebugar usia 20-an, padahal usia 30-an paling rentan terhadap olahraga. Sebab di usia ini kondisi tubuh sudah mulai menurun. Misalnya, bantalan antar ruas tulang punggung sudah mengalami penurunan, sehingga fungsinya tak lagi maksimal.

Olahraga yang disarankan adalah berenang, interval training serta angkat beban ketika nge-gym. Lakukan angkat beban dua sampai tiga set dan fokus pada bagian dada, kaki, dan pundak.

  • Usia 40 dan 50-an: Pilih yang Ringan

Seseorang yang berada di usia ini sebaiknya sudah tidak lagi melakukan jenis olahraga yang sifatnya kompetitif seperti sepak bola. Enggak cuma itu, hindari pula jenis olahraga yang bersifat high impact.

Olahraga yang disarankan adalah untuk fokus pada latihan angkat beban, jogging, berjalan, atau bersepeda. Lakukanlah olahraga selama 30 menit dengan hati-hati untuk menghindari cedera.

  • Usia di Atas 60 Tahun: Penurunan Fungsi Tubuh

Untuk seseorang yang masuk di usia ini perlu ekstra hati-hati dalam berolahraga. Sebab semua fungsi tubuh sudah mengalami penurunan fungsi. Oleh sebab itu, tak menutup kemungkinan aktivitas fisik sederhana bisa memberikan dampak negatif bila tidak dilakukan dengan cermat dan benar.

Olahraga yang disarankan adalah jalan santai, Coba variasikan gerakan dengan bumble yang melatih seluruh tubuh. Lakukanlah selama 40 menit dua kali seminggu.

Untuk mendapatkan manfaat olahraga yang maksimal, lebih baik melakukan olahraga sesuai umur dan kebutuhan. Ketika sudah melakukannya dengan benar dan hati-hati maka kesehatan dan kebugaran tubuh pada umur berapapun akan tetap terjaga. Salam sehat!

Sumber referensi: health.detik.com, wolipop.detik.com, dan halodoc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat