Berapa Berat Badan Ideal Untuk Tinggi Dan Umur Saya?

Menjaga berat badan sehat akan menghindari Anda dari berbagai macam penyakit, petuah emas ini sudah sering kali Anda dengar dari waktu ke waktu, seperti kaset rusak. Tapi, memelototi timbangan mungkin tidak akan cukup. Di sinilah Body Mass Index (BMI), alias indeks massa tubuh, memainkan perannya.

Body Mass Index adalah perhitungan kalkulasi yang mendasarkan pada tinggi dan berat badan Anda yang pada akhirnya digunakan untuk mendeteksi derajat badan Anda apakah tergolong kurus, berat badan ideal, gemuk maupun obesitas. Dengan demikian Anda dapat mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan ideal. Baik untuk mengetahui berapa kisaran berat badan yang sehat untuk Anda. Pengukuran lain seperti lingkar pinggang juga dapat membantu dalam menentukan risiko kesehatan.

Perhitungan BMI pada wanita dan pria adalah sama selama mereka berusia di atas 20 tahun. Perhitungan untuk di bawah 20 tahun sedikit berbeda. Tetapi perlu diingat bahwa perhitungan kalkulator BMI atau rumus cara menghitung berat badan ideal terkadang menyesatkan khususnya dalam kasus atlet atau olahragawan. Pada dasarnya BMI antara 18,5 dan 25 adalah dianggap normal dan jika BMI berjalan di atas 40 situasinya sudah berbahaya. Berikut tabel penjelasannya :

Tidak ada cara sempurna untuk menentukan berat badan ideal Anda, karena ini tergantung pada banyak faktor. Faktor-faktor itu tidak hanya mencakup persentase dan distribusi lemak tubuh Anda, tetapi juga usia dan jenis kelamin Anda.

Tabel BMI berikut di atas dapat menjadi acuan Anda untuk memiliki berat badan yang ideal. Lakukanlah olahraga secara rutin dan jangan lupa unuk menjaga pola makan secara teratur agar berat badan tidak berlebih. Salam Sehat!

Sumber referensi: healthline.com, hellosehat.com, dan doktersehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat