Mengenal Manfaat Olahraga Populer ‘’Trx Training’’

Mengenal Manfaat Olahraga Populer ‘’Trx Training’’ 1

TRX merupakan kepanjangan dari total body resistance exercise. Olahraga TRX pada awalnya dirancang untuk tentara militer Amerika Serikat yang membutuhkan olahraga dirumah atau dalam ruangan sempit. Olahraga TRX dinilai dapat membentuk kekuatan, keseimbangan, koordinasi, fleksibilitas, serta stabilitas sendi dan otot-otot core.

Olahraga ini lebih mengandalkan kaki dan tangan sebagai pusat tumpuan, dan tali elastis sebagai alat bantu, TRX lebih fokus untuk melatih otot perut. Olahraga ini tergolong olahraga berat yang membakar kalori dalam jumlah banyak, dan sangat efektif untuk membentuk otot di bagian perut dan bahu.

Berikut manfaat olahraga TRX yang patut Anda coba.

  • Menurunkan berat badan

Mengenal Manfaat Olahraga Populer ‘’Trx Training’’ 2

TRX kini menjadi pilihan latihan yang populer untuk menurunkan berat badan. Bergantung dari jenis latihan dan kondisi tubuh Anda, pada umumnya dalam 1 sesi (60 menit) latihan TRX Anda bisa membakar hingga 400 kalori. Selain bisa menurunkan berat badan, TRX juga dapat menurunkan lingkar pinggang serta persentase lemak tubuh Anda.

  • Membentuk otot

Mengenal Manfaat Olahraga Populer ‘’Trx Training’’ 3

Bagi Anda yang ingin membentuk otot, latihan TRX bisa menjadi pilihan. Otot Anda akan terbentuk karena adanya beban tertentu yang diaplikasikan pada otot, sehingga sejumlah reaksi seperti penebalan massa otot dan jumlah serat otot akan terbentuk. Latihan TRX (jika dilakukan dengan tepat) dapat lebih meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas otot, dan ketahanan otot bila dibandingkan dengan latihan konvensional.

  • Bermanfaat untuk semua level fitness(mulai dari atlet profesional hingga orang lanjut usia)

Mengenal Manfaat Olahraga Populer ‘’Trx Training’’ 4

Salah satu kelebihan latihan TRX adalah Anda dapat memodifikasi intensitas dari sesi latihan hanya dengan mengubah posisi tubuh. Pengubahan posisi tubuh tersebut dapat menambah atau mengurangi resistensi otot Anda karena latihan TRX kebanyakan mengandalkan bobot tubuh dan gaya gravitasi. Sehingga, latihan TRX dapat dilakukan mulai dari level amatir hingga atlet profesional.

Perkembangan olahraga di masa modern sekarang ini memang pesat. Dari sekian banyak jenis olahraga yang sedang populer saat ini, olahraga TRX mungkin bisa Anda jadikan pilihan untuk melatih kekuatan otot. Anda perlu melakukan latihan minimal 3 kali setiap minggunya, selama 60 menit per sesi. Jika Anda pemula jangan lupa untuk minta bantuan kepada personal trainer agar tidak cidera.

Sumber referensi: health.detik.com, klikdokter.com, hellosehat.com, dan menshealth.com

WhatsApp chat