Inilah 5 Olahraga Yang Dapat Mengurangi Nyeri Punggung

Pada dasarnya, terjadi karena adanya jaringan dari tulang belakang yang terkilir atau tegang (strain), merupakan penyebab paling sering dari timbulnya keluhan nyeri punggung.Nyeri punggung bisa diakibatkan oleh kebiasaan posisi duduk yang salah maupun akibat faktor usia.

Olahraga dirumah yang bisa dilakukan adalah:

  • Full Body Roll-Up

Gerakan ini akan memperkuat tulang belakang Anda dan meregangkan otot-otot di punggung dan kaki yang menyebabkan otot kaku di punggung. Berbaringlah telungkup dengan kedua tangan di atas kepala. Pastikan untuk menjaga kaki di tanah saat Anda bergerak perlahan dan lakukan gerakan ini sebanyak 6-8 roll-up.

  • Glute Bridge

Gerakan ini akan punggung bagian bawah,  juga akan meregangkan dada dan bahu dengan baik. Berbaring telentang dengan lutut ditekuk menjauhkan jarak, dan telapak kaki rata di atas tikar ditumpuk di bawah lutut dan ulangi gerakan ini sebanyak 6-8 kali.

  • Bird Dog

Gerakan ini membiasakan tubuh untuk menggunakan stabilitas inti, memperkuat perut dan  punggung bawah. Gerakan ini juga dapat memperpanjang tulang belakang dan memperbaiki postur. Berlutut di atas tikar seperti hendak  merangkak. Raih satu lengan panjang, tarik di perut, dan rentangkan kaki yang berlawanan jauh di belakang Anda dan ulangi gerakan 6-8 kali.

  • Mid-Back Extension

Gerakan mid-back ini dapat memperkuat seluruh punggung Anda serta dan gerakan  Ini juga dapat menjadikan tubuh memiliki postur yang tepat. Mulai berbaring tengkurap di atas matras, kemudian angkat perut dari matras dan geser bahu ke belakang. Kepala diangkat dalam posisi rendah dan jadikan tubuh Anda adalah satu garis panjang. Ulangi gerakan sebanyak  6-8 kali.

  • Forearm Side Plank

Gerakan ini akan membantu memperkuat tulang pinggul Anda. Mulailah berbaring di matras dengan lengan Anda di atas matras dan bahu ditumpuk di atas siku. Kaki panjang dengan kaki ditumpuk di atas satu sama lain. Muai gerakan ke atas dan bawah serta ulangi 6-8 kali pada setiap sisi.

Untuk Anda yang punya sakit punggung, coba lakukan beberapa gerakan latihan sederhana untuk meredakan sakit punggung maupun gejala keluhan pada bagian pingang, panggul, dan tangan. Lakukan dengan hati-hati dan ikuti petunjuk dokter atau instrukstur apabila sakit sudah parah.

Sumber referensi: verywellfit.com dan hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat