Yuk Cari Tahu Apa Sih Tabata Workout Itu!

Tabata Workout merupakan salah satu jenis HIIT yang sedang populer di dunia dan berasal dari Jepang. Pertama kali diciptakan oleh Prof. Izumi Tabata dari Ritsumeikan University pada tahun 1996, Tabata Workout dianggap sebagai salah satu latihan olahraga yang praktis dan memberikan hasil yang signifikan dalam waktu singkat.

Tabata Workout sendiri merupakan beberapa sesi latihan yang dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 4 menit saja. Tapi jangan salah, walau waktu yang dibutuhkan sangat singkat, ternyata dampak pada tubuh sangatlah signifikan. Dalam waktu 4 menit tersebut Anda dapat meningkatkan kapasitas aerobik, anaerobik, resting metabolic rate (RMR), dan mampu membakar lemak lebih banyak daripada olahraga dirumah dengan gaya aerobik selama 60 menit.

  • Manfaat Tabata Workout

Menurut studi yang dilakukan oleh Prof. Izumi Tabata sebagai penemu olahraga ini, ternyata Tabata Workout terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh (endurance). Olahraga ini mampu mengajarkan tubuh kita untuk mentoleransi asam laktat yang menyebabkan pegal dan kaku pada otot.

Selain itu, ketika kita melakukan olahraga HIIT, maka metabolisme pun meningkat sehingga tubuh kita pun akan tetap membakar lemak hingga 24 jam setelah Tabata Workout selesai dilakukan. Oleh karena itu, Tabata Workout adalah pilihan yang paling efektif untuk menurunkan berat badan baik dari segi waktu dan juga hasil.

  • Latihan

Banyak sekali latihan dan jenis alat bantu yang dapat Anda pergunakan untuk melakukan Tabata Workout. Anda dapat mencoba push up, plank, squat, hingga angkat beban. Penting untuk diingat bahwa Anda diharuskan untuk melakukan sesi latihan sebanyak 4 kali dalam Tabata Workout. Sebagai referensi bagi Anda yang baru ingin mencoba, cobalah olahraga dasar untuk Tabata Workout berikut ini:

  • Push Up
  • Squats
  • Medicine Ball Slams
  • Jumping Rope

Lakukan push up selama 20 detik, kemudian beristirahatlah selama 10 detik. Kemudian lanjutkan dengan 20 detik squat, ulangi istirahat 10 detik. Setelah itu lakukan ball slams selama 20 detik, dan beristirahat. Dan yang terakhir adalah 20 detik jumping rope, kemudian istirahat. Setelah itu, ulangi siklus gerakan tersebut hingga 8 kali (hingga 16 menit).

  • Efek Samping Tabata Workout

Mual, pusing, mata berkunang-kunang, hingga masuk angin bisa menjadi efek samping yang kamu rasakan setelah melakukan Tabata Workout untuk pertama kali hingga paling tidak 4-5 kali latihan.

Dengan durasi latihan yang hanya empat menit namun menggabungkan latihan kardio, kekuatan, dan lain sebagainya, HIIT Tabata ini bisa menjadi alternatif latihan sebelum Anda berangkat beraktivitas. Namun, mengingat intensitasnya yang tinggi, olahraga ini disarankan untuk Anda yang sudah terbiasa berolahraga. Agar lebih aman, pastikan juga Anda berkonsultasi pada ahlinya, ya!

Sumber referensi: lifestyle.kompas.com dan kawaibeautyjapan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat