Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan

Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan 1

Bulan Ramadan adalah bulan dimana umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Antara waktu tersebut, kurang lebih selama 13 jam, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar. Tetapi bukan berarti kamu tidak melakukan aktivitas atau rutinitas sehari-sehari seperti berolahraga.

Selain olahraga Anda juga perlu memperhatikan porsi makan Anda. Terkadang, nafsu makan ketika berpuasa akan terlampiaskan ketika berbuka. Untuk mengatasinya Anda perlu berkomitmen makan sehat dengan mengontrol asupan nutrisi ketika sahur dan berbuka puasa.

Niatkan diri agar kuat untuk mampu melakukan olahraga saat berpuasa. Jangan jadikan puasa sebagai alasan yang mampu menghalangi rutinitas olahraga dirumah yang biasa dilakukan saat tidak berpuasa. Jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa:

  • Olahraga Latihan Beban

Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan 2

Walaupun sedang berpuasa kamu tetap bisa berolahraga latihan beban. Pilihlah beban yang tidak terlalu berat agar tidak banyak keringat yang keluar sehingga kamu tidak perlu menguras energi saat mengangkat. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban.

  • Bowling

Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan 3

Bowling, olahraga yang mengasyikkan ini tentu saja bukan jenis olahraga berat yang membutuhkan banyak energi. Kamu dapat melakukan olahraga ini setiap hari dan kapan saja. Olahraga ini bagus untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan.

  • Jalan Santai

Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan 4

Saat puasa hindari olahraga yang membuat kamu cepat berkeringat, jalan santai menjadi salah satu olahraga pilihan, karena dengan jalan santai, kesehatan tubuhmu bisa tetap terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa.

Berikut ini tips diet saat puasa yang bisa Anda terapkan guna mengontrol berat badan :

  1. Saat sahur

Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan 5

  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein dan Serat

Saat puasa dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein dan serat. Alih-alih mengonsumsi makanan yang mengandung kalori, makanan yang mengandung protein dan serat cenderung membuat perut Anda kenyang lebih lama.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Jangan lupakan juga pentingnya air putih saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Kurangnya asupan air sepanjang hari akibat berpuasa, mengharuskan Anda untuk banyak minum air putih saat sahur dan berbuka guna segera mengganti cairan tubuh yang habis. Idealnya, Anda mengkonsumsi air putih sebanyak 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, 3 gelas selepas Tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur.

      2. Saat buka puasa

  • Hindari Berbuka Dengan Gorengan

mengkonsumsi gorengan saat bulan puasa tidak disarankan untuk Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Pasalnya, gorengan mengandung banyak lemak, terlebih lagi jenis lemak yang dikandung adalah lemak jenuh. Selain bisa membuat tubuh Anda bertambah gemuk, lemak jenuh memicu kolesterol jahat (LDL) memenuhi tubuh.

  • Hindari Makanan atau Minuman Yang Mengandung Gula

Setelah seharian tidak makan dan minum, tubuh tentu saja menjadi lemas tak bertenaga. Oleh sebab itu, saat berbuka puasa, Anda disarankan untuk terlebih dahulu mengkonsumsi makanan dan minuman manis, pun demikian saat sahur untuk memberikan tenaga saat berpuasa.

Dengan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, kamu tidak perlu takut terkena virus dan sakit saat puasa karena tubuh kamu sudah terbiasa hidup sehat saat puasa. So, semangat puasanya jangan lupa olahraga dan jaga makanannya!

Suber referensi: halodoc.com, doktersehat.com, dan doktersehat.com

 

WhatsApp chat