Yuk, Cari Tahu 5 Perbedaan Tipe Barbell Yang Ada Di Tempat Gym Kamu!

Barbell dan dumbbell adalah dua alat berbeda yang kerap digunakan saat latihan dengan beban. Barbell, yang ukurannya lebih panjang, punya banyak jenis dengan fungsi yang berbeda. Berolahraga menggunakan barbell akan sangat bermanfaat untuk tubun Anda bila dilakukan sesuai dengan prosedur.

Jika berolahraga ke gym mungkin sudah tak asing lagi menemukan alat latihan beban berikut ini. Ada lima macam barbell yang bisa membantu kamu membentuk tubuh.

  • Standard Weightlifting Bar

Barbell ini mempunyai diameter 1 inchi dan menjadi jenis yang paling mudah ditemukan. Barbell standar digunakan untuk squats, deadlifts, latihan kekuatan dengan barbell, dan bench press. Harganya yang murah bisa membuat barbell jenis ini mudah berkarat. Beban terlalu berat bisa membuat tiangnya bengkok secara permanen.

  • Olympic Weightlifting Bar

Barbell olimpiade cukup mirip dengan barbell standar. Namun , ia punya diameter yang lebih besar (2 inchi) dan hanya bisa dipakai dengan beban untuk olimpiade.

Barbell ini punya tonjolan yang lebih sedikit dibandingkan barbell standar, sehingga tak merusak tangan dan sarung tangan saat mengangkat beban yang berat. Fungsi yang lebih baik dari barbell standar sayangnya harus dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Selain itu juga kurang cocok untuk orang-orang bertangan kecil.

  • Hex Bar (Trap Bar)

Bentuk barbell hex adalah heksagonal, sedangkan trap bar punya empat sisi seperti berlian. Keduanya digunakan dengan memposisikan tubuh di dalam barbell. Kelebihannya, tubuh berada di tengah gravitasi barbell, sehingga lebih aman saat mengangkat beban serta mengurangi rasa sakit pada sendi. Barbell ini cocok digunakan untuk angkat beban, squat jumps, dan push-ups. Namun harganya lebih mahal dan penggunaannya terbatas.

  • EZ Curl Bar

Barbell ini punya bentuk tiang yang berkelok yang didesain untuk mengisolasi otot selama bisep mengeriting dan trisep melakukan ekstensi. Bentuk barbell juga lebih pendek dan ringan daripada barbell biasa. Pola keriting pada tiangnya juga menghindari stres pada pergelangan tangan. Meski begitu alat ini memiliki fungsi yang terbatas.

  • Tricep Bar

Biasa disebut juga dengan Swiss bar atau hammer curl bar. Barbell ini berbentuk oval dengan dua besi melintang di dalamnya. Pegang dua tiang tersebut saat melakukan latihan pada bagian tubuh atas. Barbell ini dipakai untuk skull crusher exercises, french curls, dan latihan bagian atas tubuh lainnya. Minus dari barbell ini adalah ia tidak didesain untuk membawa beban terlalu berat.

Sekarang Anda sudah tau kan perbedaan beberapa tipe barbell di atas. So, sekarang saatnya Anda mencoba dengan latihan yang tepat dengan kebutuhan tubuh Anda, selamat mencoba!

Sumber referensi: health.detik.com dan Luckytoys.blogspot.com

WhatsApp chat