Ingat ini! Bahaya Merokok Setelah Berolahraga.

Sebagai salah satu perilaku berisiko, merokok merupakan penyebab nomor satu dari berbagai penyakit kronis. Penurunan kualitas kesehatan akibat rokok disebabkan paparan racun yang memasuki sistem pernapasan dan aliran darah yang pada umumnya mengganggu kerja jantung dan pembuluh darah. Merokok dan olahraga adalah dua hal yang sangat bertentangan. Lalu, apa jadinya jika Anda malah merokok setelah olahraga? Jawabannya, mungkin sudah Anda duga, adalah berbahaya.

Berikut hal-hal yang akan Anda hadapi jika punya kebiasaan merokok setelah berolahraga:

  • Jantung

Pada dasarnya, merokok dan olahraga itu sama-sama memicu stres oksidatif. Dalam batas tertentu, stres oksidatif termasuk normal. Namun jika kadarnya berlebihan (yang bisa terjadi akibat merokok), maka akan berbahaya bagi tubuh.

Apabila sudah mempunyai riwayat penyakit jantung, merokok setelah berolahraga akan membuat pembulu darah makin menyempit. Hal ini dikarenakan, saat olahraga jantung akan bekerja lebih cepat sehingga kebutuhan aliran darah meningkat dan jantung harus bekerja lebih keras. Dengan adanya asap rokok, membuat jantung bekerja lebih keras sehingga fungsi pompa jantung bisa melemah.

  • Otak

Merokok setelah berolahraga akan meningkatkan jumlah karbon monoksida ke dalam aliran darah. Karbon monoksida ini memiliki efek serius terhadap fungsi otak, karena mengganggu kinerja visual, mengacaukan keterampilan motorik, bahkan menghambat penalaran kognitif. Jika Anda merokok setelah berolahraga, sakit kepala dan efek tak diinginkan lainnya bisa terjadi.

  • Paru-paru

 

Menghirup asap rokok mempersempit saluran udara di paru-paru dan membuat sulit bernapas. Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan oksigen sebanyak mungkin untuk pulih, itulah sebabnya pernapasan Anda menjadi lebih cepat dan detak jantung meningkat. Dengan merokok, maka akan mengurangi jumlah oksigen di dalam darah dan berakibat pada sesaknya pernafasan bila terus dilakukan.

  • Stamina

Merokok dapat mengurangi kadar oksigen di dalam darah. Karena itu, merokok setelah olahraga dapat membuat Anda lelah selama masa pemulihan. Dengan mengurangi kadar oksigen serta memperberat jantung dan paru-paru, merokok setelah olahraga dapat berkontribusi pada kelelahan selama pemulihan.

Maka dari itu sangat tidak disarankan merokok setelah berolahraga karena dampaknya yang buruk bagi tubuh Anda. Mari kita hidup sehat tanpa rokok, happy workout!

Sumber referensi: hellosehat.com. health.detik.com, dan klikdokter.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat