Waspadai 3 Cedera Ini Saat Latihan Dan Cara Mengatasinya

Waspadai 3 Cedera Ini Saat Latihan Dan Cara Mengatasinya 1

Gym menjadi pilihan banyak orang untuk berolahraga. Pasalnya, gym menawarkan begitu banyak fasilitas dan alat olahraga yang bisa Anda jajal demi tercapainya mimpi memiliki bentuk tubuh ideal. Bagi orang yang sudah terbiasa melakukan olahraga maka cedera tak bisa dihindari.

Resiko terjadinya cedera pada saat latihan memang kerap terjadi, maka waspadailah beberapa cedera ini dan bagaimana mengatasinya:

1 Terkilir

Waspadai 3 Cedera Ini Saat Latihan Dan Cara Mengatasinya 2

Biasanya terjadi pada semua bagian pergelangan tangan dan kaki. Kondisi ini terjadi karena kesalahan koordinasi tubuh pada saat latihan, beban yang terlalu berat atau bisa juga akibat kurangnya pemanasan.

Ciri terkilir biasanya jika Anda merasakan nyeri saat memutar pergelangan tangan dan kaki, atau ketika berada dalam posisi-posisi tertentu.

Penanganan pertama : Jika Anda masih sanggup berjalan dan menggerakkan tangan, maka cedera Anda tidak terlalu parah. Lakukan RICE ( Rest, Ice, Compression, dan Elevation) segera saat Anda di rumah. Jika rasa sakitnya hilang atau berkurang, artinya cedera Anda ringan. Tapi jika rasa nyerinya semakin menjadi dan terjadi pembengkakan, maka Anda harus segera ke ahli fisioterapis.

2 Kram Otot

Waspadai 3 Cedera Ini Saat Latihan Dan Cara Mengatasinya 3

Perut dan kaki adalah bagian yang paling sering mengalami kram otot meski tidak menutup kemungkinan bagian-bagian tubuh yang lain juga mengalaminya. Kram bisa terjadi akibat kurangnya pemanasan dan peregangan sebelum latihan atau Anda mengangkat beban terlalu berat.

Ciri kram otot biasanya daerah yang terkena susah digerakkan dan terasa sakit secara mendadak. Terkadang disertai benjolan otot yang abnormal.

Menurut para ahli fisioterapis yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah istirahat. Lalu minumlah air putih dicampur dengan garam. Cara lainnya adalah degan mengurangi latihan beban Anda dan beristirahat.

3 Sakit Pinggang

Waspadai 3 Cedera Ini Saat Latihan Dan Cara Mengatasinya 4

Sering dialami para pecinta fitnes atau olahraga yang mengharuskan Anda duduk dalam waktu lama. Penyebab sakit pinggang adalah beban yang berlebihan atau akumulasi beban dalam waktu lama tak bisa lagi ditolerir oleh bagian pinggang. Bisa pula terjadi akibat melakukan gerakan tiba-tiba yang bertumpu pada otot pinggang.

Ciri sakit pinggang munculnya rasa nyeri ketika menggerakkan pinggang baik saat membungkuk, menggerakkannya ke samping atau ke kiri.

Penangan pertama kenakan pelapis panas, seperti patch. Para peneliti menyebutkan, memakai pelapis panas di balik kemeja setiap hari dapat mengurangi rasa sakit hingga 25 persen. Para ahli percaya pelapis bisa meningkatkan elastisitas jaringan otot, sekaligus mendorong aliran darah bersih menuju bagian tubuh yang sakit.

 

Ketika terjadi cedera jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter spesialis untuk mendapat penanganan yang lebih baik. Banyak beristirahat dan banyak minum air putih juga dianjurkan agar mempercepat pemulihan.

Sumber referensi: lifestyle.kompas.com, hellosehat.com, dan runner.id

WhatsApp chat