Bahaya Minuman Ini Jika Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Bahaya Minuman Ini Jika Dikonsumsi Setelah Berolahraga 1

Olahraga memakan banyak energi tubuh. Wajar saja jika Anda merasa lemas dan letih setelah melakukan aktivitas fisik ini. Mengganti cairan tubuh yang keluar saat berolahraga adalah hal yang perlu dilakukan agar tetap bugar. Namun ternyata, tidak semua jenis minuman cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Pasalnya, tubuh mengalami metabolisme yang berbeda setelah melakukan aktivitas berat.

Beberapa minuman yang harus dihindari setelah berolahraga adalah sebagai berikut:

  • Minuman Bersoda

Bahaya Minuman Ini Jika Dikonsumsi Setelah Berolahraga 2

Minuman bersoda tidak baik untuk sistem pencernaan Anda sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika diminum setelah berolahraga. Apabila Anda berolahraga dengan alat fitness iReborn dalam keadaan perut kosong maka pencernaan akan terganggu. Soda sendiri diketahui dapat memicu perut kembung karena gas  serta gangguan asam lambung (GERD).

Ini karena di dalam sistem pencernaan Anda, karbonasi dan kafein bersifat asam. Selain itu, gas dari karbonasi minuman bersoda juga akan menambah tekanan pada lambung. Anda pun akan mengalami sakit perut atau kembung setelah berolahraga.

  • Kopi

Bahaya Minuman Ini Jika Dikonsumsi Setelah Berolahraga 3

Setelah olahraga, banyak orang yang sengaja makan, minum minuman isotonik, atau tidur untuk meningkatkan kembali stamina tubuhnya. Ada juga yang sengaja minum kopi untuk mendapatkan manfaat yang sama, tapi perlu diketahui mengkonsumsi banyak kafein dapat berdampak buruk bagi tubuh terutama ketika tubuh dalam keadaan lelah.

Mengonsumsi kafein dalam jumlah yang tinggi dapat menimbulkan efek samping negatif, seperti susah tidur dan membuat Anda lebih mudah gelisah.

  • Minuman Berenergi

Bahaya Minuman Ini Jika Dikonsumsi Setelah Berolahraga 4

Banyak orang yang harus memahami bahaya minuman berenergi, baik saat meminumnya untuk kesenangan atau menghilangkan haus saat berolahraga. Dalam sebuah riset, para peneliti mendapati minuman dengan kafein tinggi ini sebenarnya mempengaruhi perubahan aktivitas elektrik pada jantung.

Kandungan gula yang tinggi pada minuman berenergi ini juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya glukosa pada darah bisa meningkat. Sehingga minuman benergi sangat tidak dianjurkan untuk diminum setelah berolahraga.

  • Minuman Beralkohol

Bahaya Minuman Ini Jika Dikonsumsi Setelah Berolahraga 5

Minuman beralkohol memiliki dampak buruk bagi tubuh sebelum atau bahkan setelah berolahraga. Setelah melakukan latihan kardio, alkohol dapat mempengaruhi tubuh dan menyebabkan Anda merasa cepat lelah selama latihan berikutnya. Mengkonsumsi setelah latihan dapat mengurangi sintesis protein yang berguna untuk membangun otot-otot Anda

Jadi saat sebelum ataupun sesudah berolahraga sangat disarankan mengkonsumsi banyak air putih. Air putih menjadi pilihan yang tepat untuk mengembalikan ion tubuh yang hilang saat berolahraga.

Sumber referensi: cantik.tempo.co, halodoc.com, dan alodokter.com

WhatsApp chat