Keuntungan Meditasi Setelah Olahraga

Keuntungan Meditasi Setelah Olahraga 1

Saat mengalami kecemasan dan stres, meditasi jadi salah satu cara mudah untuk mengatasinya. Walaupun terlihat duduk diam, tidak melakukan apa pun, dan tidak mencemaskan apa pun, meditasi ternyata mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik itu fisik dan juga mental. Melakukan meditasi bisa menjadi solusi untuk meredakan stress dan lelah tubuh setelah melakukan olahraga yang berat. Meditasi juga dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja fisik Anda dan mempengaruhi cara tubuh untuk merespon lebih baik pada penggunaan alat fitness iReborn.

Berikut beberapa keuntungan meditasi setelah olahraga :

  • Mengurangi Hormon Kortisol

Keuntungan Meditasi Setelah Olahraga 2

Hormon Kortisol adalah hormon yang dihasilkan ketika sedang stress dan lelah. Hormon ini baik untuk mengendalikan perasaan, ketika sedang stress hormon yang keluar berlebihan dan dapat memperburuk kondisi mental. Maka melakukan meditasi 15 menit setelah berolahraga dapat mengurangi kondisi hormon kortisol pada tubuh.

  • Mengurangi Rasa Sakit

Keuntungan Meditasi Setelah Olahraga 3

Rasa sakit adalah sensasi yang cukup kompleks dengan komponen emosional yang kuat tetapi terlalu sering diabaikan. Meditasi selama  pasca-latihan dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan olahraga yang berlebih.

  • Mempercepat Penyembuhan Cidera Pasca-Latihan

Keuntungan Meditasi Setelah Olahraga 4

Dengan meditasi Anda dengan mudah mengontrol emosi dan stress dalam tubuh, maka proses penyembuhan pasca-latihan pun akan lebih baik. Ketika olahraga di tempat fitnes terkadang terjadi cidera akibat latihan yang berlebih, lakukan meditasi rutin pada saat cedera untuk mengontrol emosi dan stress Anda sehingga pemulihan menjadi lebih cepat.

CARA MEDITASI

Meditasi setelah olahraga sangat mudah untuk dilakukan. Berikut tahap-tahap meditasi :

  • Siapkan timer/alarm selama 10 menit
  • Duduk nyaman dengan kaki disilangkan di atas lantai atau karpet yoga
  • Tutup mata
  • Tarik nafas panjang dari hidung tahan 2 detik lalu keluarkan lewat mulut
  • Ulangi melakukan ini selama 10 menit
  • Diiringi dengan musik yang lembut atau suara air, burung dan angin juga bisa menjadi solusi yang bagus pada saat meditasi berlangsung

Meditasi adalah latihan yang luar biasa setiap saat sepanjang hari dan terutama setelah latihan Anda karena cara itu menenangkan pikiran dan tubuh Anda setelah sesi latihan yang berat. Maka rutin melakukan meditasi sangat baik untuk jasmani dan rohani Anda, selamat mencoba.

Sumber referensi: yurielkaim.com dan kompas.com

WhatsApp chat