Tips Sehat Berolahraga Di Dalam Rumah

Tips Sehat Berolahraga Di Dalam Rumah 1

Banyak alasan yang keluar saat waktunya olah raga. Mulai dari malas dan bosan ke gym atau fitness center, hingga ingin irit uang dan memutuskan untuk olahraga dirumah saja. Bagaimana caranya agar anda tetap disiplin dan teratur berolahraga? berikut ini adalah pilihan yang anda bisa lakukan agar tetap sehat olahraga dirumah.

  • TREADMILL

Tips Sehat Berolahraga Di Dalam Rumah 2

Anda tidak harus melakukan lari atau berjalan diluar rumah, anda bisa melakukan itu di rumah dengan menggunakan treadmill. Manfaat menggunakan treadmill bisa meredakan tekanan sendi ketika berlari atau berjalan diatas treadmill.

Sebelum melakukan latihan treadmill, sebaiknya Anda melakukan pemanasan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti cedera pada otot. Untuk waktu latihan treadmill juga tidak perlu terlalu lama, asalkan rutin dilakukan Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

  • Gerakan Duduk-Berdiri

Tips Sehat Berolahraga Di Dalam Rumah 3

Olahraga ini sangat mudah dilakukan, Anda cukup menyiapkan satu buah kursi sebagai medianya. Lakukan gerakan duduk selama tiga detik lalu berdiri. Lakukan gerakan tersebut berulang sesuai dengan irama.

Saat melakukan gerakan ini, pastikan Anda duduk tanpa bersandar, posisi tubuh tegak, dengan tatapan lurus kedepan dan posisi perut ditarik kedepan.
Gerakan ini berguna untuk melatih pernapasan dan melatih otot-otot kaki.

  • Naik-Turun Tangga

Tips Sehat Berolahraga Di Dalam Rumah 4

Jika rumah Anda memiliki dua lantai, Anda bisa memanfaatkan tangga yang ada untuk berolahraga. Olahraga ini, seperti olahraga jogging. Anda cukup berjalan menaiki dan menuruni tangga seperti jalan biasa, Lakukan gerakan ini secara berulang dan berirama.

Menjelang akhir olahraga, tempo berjalan sedikit lebih cepat seperti berlari. Olahraga ini bertujuan melatih otot-otot kaki.

  • Push-up

Tips Sehat Berolahraga Di Dalam Rumah 5

Olahraga ini merupakan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, karena Anda bisa melakukannya dimana saja dengan ruangan yang kecil sekalipun. Gerakan Pus-up dimulai dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan, kemudian badan didorong keatas dengan kekuatan tangan dengan posisi badan dan kaki tetap lurus atau tegap.

Kemudian turunkan badan tanpa menyentuh lantai dengan tetap menjaga posisi badan dan kaki tetap lurus. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.

  • Sit-up

Tips Sehat Berolahraga Di Dalam Rumah 6

Sama seperti gerakan pus-up, gerakan sit-up ini juga sangat mudah dilakukan. Posisi awal untuk gerakan ini adalah Anda berbaring dengan posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai atau kaki bisa dalam posisi lurus, posisi tangan bisa diluruskan kedepan, disilangkan didepan dada atau ditekuk dengan posisi telapak tangan tepat di belakang kepala.

Kemudian angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan hingga posisi kembali seperti semula. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu Anda. Gerakan ini berguna untuk melatih otot dibagian perut.

  • Bridge

Tips Sehat Berolahraga Di Dalam Rumah 7

Gerakan bridge ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan lantai sebagai medianya. Posisi awal untuk gerakan ini adalah, Anda berbaring terlentang dengan posisi tangan berada disamping badan, kemudian tekuk lutut namun betis tetap lurus dengan telapak kaki menyentuh lantai.

Kemudian angkat pinggul Anda hingga lurus dengan bahu, tahan selama tiga detik dan turunkan pinggul Anda secara perlahan. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang semampu yang Anda bisa. Gerakan ini berguna untuk melatih otot sekitar pinggul, dan otot bagian paha.

  • Wall-sit

Tips Sehat Berolahraga Di Dalam Rumah 8

Anda bisa memanfaatkan dinding yang ada untuk melakukan gerakan ini. Carilah area diding yang kosong, berdirilah tegak membelakangi dinding dengan bagian punggung menempel pada dinding. Lalu turunkan badan dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti pada posisi duduk di kursi, setelah tiga detik berdirilah kembali.

Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu yang Anda bisa dengan irama yang sama. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan otot perut dan otot bagian bawah tubuh.

Itulah beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan dirumah, jangan lupa sebelum olahraga selalu awali dengan pemanasan. Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan perbanyak minum air putih, untuk mendapatkan badan yang sehat dan bugar.

Sumber referensi: infojakarta.net

WhatsApp chat