Rahasia Olahraga Untuk Wanita Di Atas 40 Tahun

Rahasia Olahraga Untuk Wanita Di Atas 40 Tahun 1

Sehat memang tak memandang usia, siapapun harus menjaga kesehatannya, baik yang masih muda maupun sudah tua. Jika masih muda, mungkin Anda bisa melakukan semua jenis olahraga sebab kondisi fisik masih sangat mendukung. Tetapi bagi yang sudah berumur harus berhati-hati dalam pemilihan olahraga yang akan dijalani.

Olahraga yang biasa dijalani biasanya berfokus pada pengurangan lemak yang ada di tubuh. Karena masalah yang biasa terjadi pada wanita yang sudah berusia 40 tahun ke atas adalah lemak yang menumpuk pada bagian perut dan pinggul. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi lemak tersebut.

Cara yang sehat untuk mengurangi lemak yang menumpuk pada perut dan pinggul adalah dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Beberapa olahraga ini bisa membantu mengurangi lemak dalam perut dan pinggul dengan cara yang ringan dan mudah dilakukan oleh wanita berumur 40 tahun ke atas.

  • Rutin Menggunakan Treadmill

Rahasia Olahraga Untuk Wanita Di Atas 40 Tahun 2

Peranan treadmill untuk seseorang yang berusia di atas 40 tahun ini bisa menjadi sarana yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan jantung, dan dapat mengurangi tekanan sendi. Lakukanlah latihan treadmill dengan tempo rendah di 5 menit pertama, kemudian dengan tempo sedang di menit 10, dan di 5 menit terakhir dengan tempo yang cepat.

  • Yoga

Rahasia Olahraga Untuk Wanita Di Atas 40 Tahun 3

Tidak hanya menyehatkan tubuh dan pikiran, yoga juga dapat menjadi sarana menjadikan tubuh wanita tetap indah dan bugar. Yoga membawa perubahan yang signifikan bagi kecantikan seorang wanita, lakukanlah yoga minimal 1 kali seminggu dan maksimal 3 kali seminggu untuk melatih pernapasan dan juga menjaga tubuh wanita tetap ideal.

  • Pilates

Rahasia Olahraga Untuk Wanita Di Atas 40 Tahun 4

Pilates adalah versi kontemporer dari yoga. Awal mula pilates dikembangkan sekitar abad 20-an oleh seorang atlit, Joseph Pilates, di Jerman. Ia menciptakan serangkaian latihan fisik sebagai bentuk rehabilitasi dan penguatan, dengan memfokuskan pada pengendalian otot inti postural.

Usia yang kian menua serasa sulit dipisahan dari masalah nyeri di beberapa bagian badan. Untuk mengatasi itu, cobalah jenis olahraga ini yang bisa membantu memperkuat otot yang lemah dan mencegah cedera. Pilates juga dapat menjaga metabolisme tubuh tetap segar dan prima dalam menjalani hari. Menjalani pilates dapat dilakukan seminggu 2 kali agar menjaga tubuh tetap ideal dan indah.

  • Bersepeda

Rahasia Olahraga Untuk Wanita Di Atas 40 Tahun 5

Untuk jenis olahraga yang satu ini memang sangat menjadi populer bagi orang yang sudah tak muda lagi. Begitu banyak yang rutin dan hobi bersepeda, walaupun hanya 10-15 menit menggunakan speda statis dalam rumah.  Bersepeda adalah sebuah olahraga yang santai dan bisa memberikan efek bahagia. Tentunya olahraga ini sangat cocok bagi orang yang telah berusia lanjut.

Berbagai jenis olahraga di atas sangat baik untuk yang sudah berumur 40 tahun ke atas. Anda juga bisa menggunakan alat olahraga yang simple dari iRebirn. Mudah dilakukan dan aman dicoba adalah inti dari kegiatan ini, sehingga tidak mudah cidera. Semoga bermanfaat dan Salam Sehat!

Sumber referensi: kompas.com

WhatsApp chat