Bisakah Berolahraga Di Kantor?

Bisakah Berolahraga Di Kantor? 1

Pertanyaan di atas pastilah sangat banyak dipertanyakan oleh banyak orang, terutama mereka yang bekerja di perkantoran.

Pekerjaan yang tidak menuntut Anda untuk banyak bergerak, bahkan membuat Anda seolah terpaku di kursi sambil memelototi layar komputer selama lima hari dalam seminggu, bukan hanya membosankan tetapi juga berbahaya bagi kesehatan Anda.

Stres karena pekerjaan bisa membuat seseorang mengalihkan pikiran pada makanan ringan yang mengandung gula dan lebih memilih duduk di kursi sepanjang hari. Tak heran bila tempat kerja kemudian dituduh sebagai penyebab tubuh kembali berlemak.

Berikut gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan di kantor :

  • SARAPAN

Bisakah Berolahraga Di Kantor? 2

Sarapan pagi dengan kafein, kopi tanpa gula dan krim. Ada beberapa bukti yang mendukung teori bahwa kafein dapat membantu Anda menurunkan berat badan, walaupun hubungan antara keduanya tidaklah konkret. Kafein mungkin dapat membantu Anda membakar kalori lebih banyak dengan cara menggiatkan proses thermogenesis yaitu suatu cara yang membuat tubuh menghasilkan panas dan energi.

  • BERJALAN KAKI KETIKA MENCARI MAKAN SIANG

Bisakah Berolahraga Di Kantor? 3

Biasanya istirahat makan siang berdurasi paling lama sekitar satu jam, tergantung pada kebiasaan di tempat kerja Anda. Jika Anda punya waktu, gunakan waktu istirahat Anda sebagai kesempatan untuk melakukan sesi latihan aerobik singkat. Cobalah untuk berjalan cepat, joging, atau berlari ke tempat yang Anda tuju, jika memungkinkan.

  • MEMBAKAR KALORI DARI BALIK MEJA

Bisakah Berolahraga Di Kantor? 4

Lakukan gerakan-gerakan seperti menggerakan kaki, duduk berdiri dan perenggangan badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kelas rendah (misalnya, mengetuk-ngetukkan kaki dan tangan, melilit-lilitkan rambut, menggerakkan anggota tubuh saat berbicara, dsb) dapat membantu membakar kalori ekstra dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Bahkan, satu penelitian menemukan bahwa, orang-orang yang obesitas harus mencontoh aktivitas yang biasa dilakukan orang ramping sehari-hari, termasuk kecenderungan untuk bergerak-gerak gelisah, dengan begitu mereka akan membakar sekitar 300 kalori ekstra per hari. Jika semua faktor lain tetap sama, ini berarti penurunan berat badan sekitar 15 kg per tahun.

Beberapa cara di atas bisa menjadi salah satu aktivitas olahraga di saat anda sedang bekerja. Jangan jadikan pekerjaan sebagai alasan anda untuk tidak bergerak. Tetap bergerak menggunakan alat olahraga agar badan tetap fit dan bugar.

Sumber referensi: wikihow

WhatsApp chat