Tips Olahraga & Menu Sehat Untuk Kesuburan Pria

Tips Olahraga & Menu Sehat Untuk Kesuburan Pria 15

Kualitas sperma merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan kehamilan. Sperma bisa dibilang sehat dan berkualitas jika memiliki bentuk, jumlah, dan daya gerak yang normal.

Meski banyak penelitian memusatkan perhatian pada pentingnya seorang wanita untuk menjaga tubuhnya agar dapat mengandung, beberapa penelitian juga memusatkan perhatian mengenai pentingnya bagi pria untuk menjaga kondisi tubuh mereka agar tetap subur.

Jika ada satu saja kelainan dari ketiga faktor tersebut, risiko pria menjadi tidak subur atau bahkan mandul bisa meningkat. Salah satu cara untuk memperbanyak sperma berkualitas adalah olahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Olahraga

  • Treadmill

Tips Olahraga & Menu Sehat Untuk Kesuburan Pria 16

Disarankan berolahraga dengan intensitas sedang tiga kali seminggu selama 30 menit dengan treadmill.

  • Berenang

Tips Olahraga & Menu Sehat Untuk Kesuburan Pria 17

Disarankan berenang dengan 2 kali seminggu selama 60 menit dengan dengan gaya bebas atau juga gaya punggung.

  • Hiking

Tips Olahraga & Menu Sehat Untuk Kesuburan Pria 18

Disarankan melakukan hiking 2 minggu sekali dengan terjal sesuai kemampuan, selain sehat hiking juga dapat mengurangi stress.

  • Lompat tali / skipping

Tips Olahraga & Menu Sehat Untuk Kesuburan Pria 19

Melakukan lompat tali bisa bersamaan dengan melakukan olahraga lain seperti sebelum treadmill. Anda bisa melakukan lakukan lompat tali dengan 30 kali lompatan per sesi lakukan 3 sesi.

Jika Anda ingin menjadikan olahraga sebagai salah satu metode untuk memperbaiki kualitas sperma, Anda tentu harus mempertimbangkan durasi, intensitas, dan jenis olahraga yang Anda lakukan. Ingatlah, berolahraga dengan intensitas sedang lebih menguntungkan dibandingkan olahraga berat.

Menu Sehat

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas sperma adalah asupan makanan. Vitamin dan mineral dalam makanan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sperma sehingga membantu sperma untuk bergerak dan melakukan pembuahan. Beberapa makanan mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan sperma untuk meningkatkan kualitasnya.

  • Seng dan Selenium

Tips Olahraga & Menu Sehat Untuk Kesuburan Pria 20

Bawang putih selain mengandung selenium, juga mengandung alisin yang dapat meningkatkan aliran darah ke organ seksual serta melindungi sperma dari kerusakan.

  • Antioksidan

Tips Olahraga & Menu Sehat Untuk Kesuburan Pria 21

Makanan yang mengandung antioksidan adalah makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan vitamin A (dalam bentuk beta-karoten). Antioksidan dapat meningkatkan kualitas sperma. Pisang mengandung vitamin A dan vitamin C, selain itu juga mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meningkatkan libido pria dan mengatur hormon seks.

  • Folat

Tips Olahraga & Menu Sehat Untuk Kesuburan Pria 22

Sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam, asparagus, dan lobak hijau. Folat juga dapat ditemukan pada jeruk dan kentang, serta pada sereal yang sudah difortifikasi dengan asam folat.

Selain memperbanyak makanan di atas, bagi Anda yang mempunyai kebiasaan meminum alkohol dan merokok sebaiknya dikurangi untuk dapat meningkatkan kualitas sperma Anda. Sedangkan, tidak masalah untuk tetap mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, asalkan masih dalam batas yang wajar.

Sumber referensi: doktersehat.com, hellosehat.com dan lifestyle.kompas.com

WhatsApp chat