Perbaiki Postur Tubuh Dengan Gerakan Ini!

Tanpa disadari, berbagai kegiatan sehari-hari yang kita lakukan bisa menyebabkan postur tubuh memburuk. Mulai dari berjalan sambil melihat ponsel, memakai tote bag di satu sisi lengan saja tanpa bergantian, hingga duduk berjam-jam di depan laptop atau computer kantor Anda.

Kifosis adalah sebuah kondisi di mana tulang belakang yang melengkung ke depan melebihi batas normal sehingga seseorang yang mengalaminya akan menjadi bungkuk. Sekitar 20 sampai 40 persen orang tua menderita kifosis. Namun tidak dapat dipungkiri saat ini para remaja pun sudah mengalaminya. Umumnya kifosis terjadi karena kebiasaan sikap tubuh yang buruk atau kelainan bawaan sejak lahir.

Berikut gerakan olahraga yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk:

1.wall Slide

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk adalah dengan peregangan dada. Ikuti langkah berikut :

  • Berdirilah tegak dengan punggung menempel sejajar pada tembok. Beri jarak sedikit telapak kaki Anda dari tembok.
  • Regangkan tulang dada dengan cara menekan punggung Anda ke dinding yang datar sambil menekuk lutut.
  • Letakkanlah kedua telapak tangan di tembok pastikan keadaan telapak tangan di luar.
  • Gerakan tubuh naik turun seperti squat dengan posisi yang sama .
  • Lakukan gerakan 8 kali 4 set.

2.Cobra Pose

Seperti namanya, pose ini mengikuti pose ular kobra. Selain untuk menguatkan tulang belakang pose ini sekaligus bermanfaat untuk mengecilkan perut.

  • Berbaringlah dalam keadaan menelengkup, perut sejajar lantai dengan kedua tangan di bawah bahu.
  • Pastikan jari-jari Anda mengarah ke depan dan posisi kaki rapat.
  • Kemudian, usahakan agar siku tetap dekat dengan sisi tubuh lalu cobalah menyentuhkan kedua tulang belikat.
  • Stabilkan punggung Anda dengan mengencangkan otot-otot perut.
  • Angkat dada pelan-pelan, pastikan leher memanjang ke atas menghadap langit-langit.
  • Tahan selama 10 kali tarikan napas, kemudian turunkan badan dan ulangi sebanyak 3 set.

3.Resistances Band Row

Ketika Anda ke gym, Anda bisa melakukan latihan ini menggunakan bantuan alat mesin kabel elastis.  Anda juga bisa menggunakan media tali yang dibuat seperti cara kerja mesin kabel.

  • Mulailah berdiri dengan kedua tangan memegang resistance band.
  • Kemudian tariklah band.
  • Saat menarik mesin kabel tersebut usahakan posisi kepala, bahu, punggung tetap lurus.
  • Lakukanlah cara tersebut sebanyak 3 set.

4.Prone Y

Pose ini hampir sama dengan pose kobra, hanya saja tangan Anda yang di angkat ke atas membentuk huruf Y.

  • Baringkanlah tubuh di atas lantai atau bisa juga gunakan matras sebagai alas tubuh.
  • Sejajarkan posisi kaki dengan posisi bahu
  • Setelah itu, angkat bagian kedua lengan sampai tubuh membentuk huruf Y
  • Tahanlah posisi tubuh seperti itu selama 5 sampai dengan 10 detik ulangi sebanyak 3 set

5.Upper Back

Salah satu latihan yang bisa digunakan untuk memperbaiki postur tubuh Anda adalah dengan melatih punggung bagian atas. Latihan ini membutuhkan bantuan busa rollong supaya gerakan bisa dilakukan secara sempurna.

  • Letakan busa rolling di bagian tulang belakang, tepatnya di bawah tulang belikat.
  • Tekuk bagian lutut kemudian biarkan kaki menyentuh lantai
  • Angkat bagian pinggang secara perlahan kemudian mulailah menggerakan naik turun pinggul sedikit demi sedikit selama 10-15 detik dan ulangi sebnyak 3 set.

Usahakan latihan ini Anda jalankan sebelum memulai beraktivitas atau lebih baik setelah bangun tidur. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa melakukannya setiap hari dengan mencoba gerakan-gerakan di atas.

Sumber referensi: kumparan.com & hallosehat.com

 

 

WhatsApp chat