Mengenal Pole Dance Dan Manfaatnya!

Anda mungkin selama ini membayangkan pole dance hanya sebagai tarian nakal yang dipertunjukkan di klub-klub malam. Namun, pole dance sebetulnya termasuk jenis olahraga tari yang menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Begitu ungkap International Pole Dance Fitness Association (IPDFA). Manfaat Pole Dance bahkan dapat disetarakan dengan latihan kekuatan intensitas tinggi (HIIT).

Pole dance adalah olahraga yang memadukan antara gerakan senam, tari, dan juga akrobat. Anggapan banyak orang bahwa Pole Dancing adalah nama lain dari tari striptis didasari fakta bahwa olahraga ini juga menggunakan tiang untuk tempat bertumpunya tubuh.

Manfaat Pole Dance bagi Kesehatan Tubuh

Stigma negatif yang melekat pada pole dance membuat banyak orang, terutama kaum wanita, enggan untuk melakukan olahraga yang satu ini. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari Pole Dancing.

Berikut adalah sejumlah manfaat pole dance bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

  • Membentuk dan Mengencangkan Otot

Manfaat Pole Dance yang pertama adalah membentuk dan mengencangkan otot-otot tubuh, terutama otot tangan, perut, dan kaki. Hal ini tak lain karena saat melakukan Pole Dance, tangan dituntut untuk menggenggam tiang dengan erat baik saat melakukan gerakan memutar, memanjat, hingga menahan tubuh agar jangan sampai terjatuh. Olahraga ini lebih berat namun lebih efektif ketimbang latihan untuk membentuk dan mengencangkan otot lainnya, terutama otot bisep.

  • Melatih Kelenturan Tubuh

Selain untuk memperkuat otot tubuh, manfaat Pole Dance juga untuk melatih kelenturan. Ini karena Pole Dance juga diisi dengan gerakan senam yang mengharuskan tubuh untuk menekuk dan meliuk-liuk pada tiang sesuai dengan arahan instruktur dan irama musik pengiring. Bahkan, aktivitas pemanasan sebelum melakukan olahraga ini pun terdiri dari gerakan stretching untuk meregangkan otot-otot tubuh sehingga tubuh bisa bergerak lebih fleksibel.

  • Melatih Koordinasi Tubuh

Semua gerakan Pole Dancing dilakukan dengan alunan musik pengiring. Anda diharuskan untuk menyesuaikan antara gerakan tubuh dengan irama musik yang diputar oleh instruktur. Secara tidak sadar, hal ini mendatangkan manfaat Pole Dance lainnya yang tak kalah penting yaitu melatih dan meningkatkan koordinasi tubuh Anda. Selain gerakan tubuh yang lebih terkoordinasi, tubuh pun diharapkan menjadi lebih lincah pasca melakukan olahraga ini.

  • Mengatasi Nyeri Otot

Melakukan Pole Dance secara rutin juga disebut-sebut dapat membantu Anda dalam mengatasi gejala nyeri pada otot-otot tubuh. Manfaat dari Pole Dance ini dikarenakan olahraga tersebut terdiri dari gerakan-gerakan yang berfungsi untuk menguatkan otot tubuh, mulai dari otot inti hingga otot bagian atas dan bawah. Contoh gerakan yang menghasilkan manfaat Pole Dance untuk mengatasi nyeri tubuh adalah headstand. Gerakan ini diklaim dapat mengatasi nyeri pada area leher.

  • Meredakan Stres

Selain meningkatkan rasa percaya diri, manfaat Pole Dance bagi kesehatan mental lainnya adalah untuk meredakan stres. Lagi-lagi,  hal ini dikarenakan Pole Dance membantu pelepasan hormon endorfin atau hormon ‘bahagia’ di dalam tubuh. Tak hanya itu, aktivitas senam yang dilakukan secara bersama-sama dengan peserta lainnya juga akan membuat Anda ceria hingga tak sadar rasa stres hilang begitu saja.

Informasi mengenai Pole Dance yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk mengikuti arahan instruktur agar terhindar dari risiko cedera. Pun, imbangi juga Pole Dancing  dengan aktivitas sehat lainnya agar tubuh semakin bugar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sumber referensi: hallo sehat.com & doktersehat.com

WhatsApp chat