5 Manfaat Yoga Aerial Bagi Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

Yoga aerial atau yoga anti gravitasi ini adalah kombinasi dari asana yoga tradisional, akrobat, dan, gerakan tarian yang dilakukan dengan menggantung di udara. Tempat menggantung biasanya digunakan seperti kain panjang khusus yang kuat menjulur dari atas hingga mendekati lantai. Yoga aerial ini ternyata memiliki berbagai manfaat yang belum tentu dimiliki oleh yoga biasanya.

Mari simak penjelasan berikut ini:

  • Sebagai olahraga kardio

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Council of Exercise (ACE), ternyata ditemukan respon tubuh setelah melakukan olahraga seperti habis bersepeda atau berenang, ini seperti latihan kardio. Para peneliti menemukan bahwa dalam sesi yoga aerial selama 50 menit dapat membakar 320 kalori, ini sebanding dengan saat Anda berjalan kaki.

  • Menguatkan Otot – Otot

Pada gerakan yoga ini gaya gravitasi bekerja lebih kears pada tubuh Anda. Gerakan pada yoga aerial membuat tubuh harus menahan lebih keras melawan gravitasi. Nah, karena harus menahan lebih keras, maka otot-otot Anda akan lebih kuat tebentuk saat melakukan yoga ini dibandingkan yoga biasanya. Yoga aerial juga merupakan latihan untuk otot inti yang baik untuk tubuh.

  • Membuat lebih focus

Dengan menempatkan diri pada posisi yang menantang (menggantung) dari yoga biasanya, yoga aerial memaksa Anda untuk lebih awas dan fokus akan lingkungan sekitar Anda. Di sinilah Anda akan mencoba berkonsentrasi lebih keras saat latihan.

 

Gerakan yoga aerial memberikan banyak kebebasan untuk bergerak. Anda dapat memindahkan tubuh ke posisi-posisi yang baru. Biasanya gerakan-gerakan  yoga aerial bisa memberikan peregangan yang lebih dalam dan memuaskan daripada jenis yoga tradisional.

  • Relaksasi Tubuh Secara Menyeluruh

Hal pertama yang Anda rasakan setelah mencoba beberapa pose yoga adalah kelenturan tubuh. Tulang punggung akan lebih rileks, bahu terasa ringan, dan kepala Anda akan terasa lebih enteng. Sama halnya dengan yoga tradisional, pernapasan merupakan hal inti pada AntiGravity Aerial Yoga. Pastikan untuk mendengarkan teknik pernapasan dari instruktur.

Melatih diri dengan berolahraga seperti di atas sangat banyak manfaatnya bagi jasmani dan rohani bisa di tekuni dengan benar. Maka selamat mencoba bagi Anda yang suka dengan tantangan baru saat berolahraga.

Sumber referensi: hallosehat.com & panasinic.com

 

WhatsApp chat