Manakah Yang Terbaik, Beban Berat Atau Beban Ringan Untuk Memenuhi Kebugaran Anda!

Latihan beban seperti makan sayuran Anda tahu itu baik untuk Anda, tetapi dengan begitu banyak varietas untuk dipilih. Begitu juga dengan pilhan beban pada saat latihan, bagaimana Anda memilih yang terbaik ? Apakah cara angkat beban lebih baik yang berat? Atau mungkin bekerja dengan beban yang lebih sedikit untuk waktu yang lebih lama? Atau mungkin di antara keduanya? Banyak pertanyaan dalam benak Anda saat ingin memulai latihan mari kita mulai dengan membahasanya lebih jelas.

Pada dasarnya ada beberapa gerakan dasar untuk melakukan latihan kekuatan yaitu, High-Weight, High-Rep, Low-Weight, dan Low-Rep.

  • High-Weight

Dalam kategori High-Weight, saat latihan lebih menggunakan beban yang lebih berat. Contohnya , Anda melakukan deadlifting biasa dengan kekuatan hanya 3-5 kali lebih berat, tetapi dengan High-Weight Anda harus melakukan gerakan 3 kali lipat lebih berat dari yang biasa Anda lakukan tetapi dengan intensitas gerakan yang lebih sedikit.

  • High-Rep

Dalam kategori High-Rep, saat latihan lebih menggunakan beban yang lebih ringan. Contohnya saat Anda melakukan deadlifting menggunakan beban yang lebih ringan dengan intensitas gerakan yang lebih cepat dangan banyak. Anggaplah Anda melakukan latihan hanya dengan beban 2,5 kg barbell dengan gerakan 20 kali dan ulangi hingga 5 repetisi.

  • Low-Weight

Low-Weight merupakan latihan dengan menggunakan beban rendahdan ritme latihan normal. Mengambil contoh saat Anda melakukan gerakan Suitcase lunges menggunakan barbell dengan beban 1kg dan juga gerakan 10 kali dan ulangi 5 repetisi. Latihan ini biasa dilakukan oleh pemula.

  • Low-Rep

Low-Rep merupakan latihan dengan menggunakan beban rendah dengan ritme latihan yang lebih rendah juga. Mengambil contoh saat Anda melakukan gerakan Suitcase lunges menggunakan barbell dengan beban 1 kg dan juga gerakan 5 kali dan ulangi 5 repetisi. Latihan ini biasa dilakukan oleh pemula.

Intinya adalah jika Anda mengangkat beban, Anda sudah memastikan tujuan dari latihan tersebut. Apa pun yang Anda pilih, pastikan untuk mengambil sesuatu yang terasa menantang dan sesuai dengan kekuatan tubuh Anda. Latihan yang benar adalah ketika semakin Anda latihan Anda semakin berkembang dengan menambah beban dan juga repetisi yang biasa dilakukan.

Sumber referensi: womenshealthmag.com dan self.com

WhatsApp chat