Minuman Berenergi Vs Minuman Olahraga Mana Yang Lebih Baik Untuk Tubuh

Minuman Berenergi Vs Minuman Olahraga Mana  Yang Lebih Baik Untuk Tubuh 7

Pernah dengar mengenai minuman berenergi dan minuman olahraga sebelumnya? Hanya karena sama-sama bisa memberikan energi dengan cepat, banyak orang mengira ini adalah dua jenis minuman ini yang sama. Padahal nyatanya, kedua minuman ini jelas sangat berbeda. Mari kita cari tahu !

  • Beda tujuan konsumsinya

Minuman Berenergi Vs Minuman Olahraga Mana  Yang Lebih Baik Untuk Tubuh 8

Sesuai dengan namanya, minuman berenergi adalah jenis minuman yang memang ditujukan untuk meningkatkan energi, stamina konsentrasi, serta daya tahan tubuh. Minuman energi biasanya diandalkan ketika Anda butuh ‘isi ulang’ energi dengan cepat karena tuntutan kerja atau aktivitas lainnya.

Sementara minuman olahraga adalah jenis minuman yang cocok untuk diminum sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Ini karena minuman olahraga dipercaya mampu menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang secara cepat selama melakukan olahraga maupun aktivitas berat lainnya.

  • Beda kandungannya

Minuman Berenergi Vs Minuman Olahraga Mana  Yang Lebih Baik Untuk Tubuh 9

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, minuman energi bisa membuat tubuh lebih bersemangat dan berstamina dalam waktu yang singkat. Itu sebabnya, minuman ini mengandung kafein sebagai sumber energi utamanya.

Selain itu, minuman berenergi juga dilengkapi dengan gula, vitamin B, ekstrak herbal seperti ginseng, taurin, dan L-karnitin. Bahan-bahan tersebut tentu tidak ditemukan di dalam  minuman olahraga.

Karbohidrat, elektrolit, mineral, gula, serta beberapa vitamin turut mendukung tugas utama minuman olahraga. Berbagai jenis mineral yang ada dalam minuman olahraga yakni kalium, kalsium, magnesium, serta klorida. Bahkan, ada beberapa minuman olahraga yang turut dilengkapi dengan vitamin C serta vitamin E.

  • Beda dampaknya

Minuman Berenergi Vs Minuman Olahraga Mana  Yang Lebih Baik Untuk Tubuh 10

Kafein adalah salah satu kandungan yang berbahaya dalam minuman berenergi, Bukan tanpa alasan, minuman berenergi memiliki kafein dan gula dalam jumlah tinggi yang memang ditujukan untuk menunjang fungsi dari minuman itu sendiri, yakni sebagai pemberi energi dan stamina bagi tubuh.

Sayangnya, terlalu sering minum minuman berenergi dapat berujung pada gangguan konsentrasi, ketidakseimbangan nutrisi, hingga merusak organ-organ dalam tubuh. Banyak penelitian menemukan bahwa kandungan kafein dan gula yang cukup tinggi dalam minuman ini bisa menimbulkan peningkatan kadar gula darah, tekanan darah tinggi, serta peningkatan detak jantung.

Jadi jika dilihat secara keseluruhan, minuman olahraga lebih banyak dianjurkan untuk diminum ketimbang minuman berenergi. Mengapa? Karena kandungan dan fungsi minuman olahraga dirasa lebih baik untuk menunjang fungsi tubuh.

Sumber refrensi: hallosehat.com & uzone.id