Istilah Dinamo Pada Treadmill Yang Perlu Kamu Tahu

Istilah Dinamo Pada Treadmill Yang Perlu Kamu Tahu 7

Motor/ dinamo pada treadmill merupakan jantung dari treadmill itu sendiri. Perbedaan kualitas dan spesifikasi motor treadmill sangat menentukan kualitas dari sebuah treadmill tersebut. Oleh sebab itu, kami ingin menjelaskan perbedaan mesin motor pada treadmill, sehingga kalian tidak salah membeli.

  • DC dan AC

Istilah Dinamo Pada Treadmill Yang Perlu Kamu Tahu 8

Motor DC dan AC merupakan sebuah pembeda utama pada treadmill. Motor DC atau Direct Current biasanya diperuntukkan untuk penggunaan di rumah atau home gym. Dimana penggunaan treadmill tidak sebanyak penggunaan pada komersial gym. Kelebihan utama dari motor DC adalah suaranya yang lebih senyap dan berdaya lebih rendah dibandingkan motor AC. Lihat treadmill DC yang memiliki kualitas yang baik.

Sementara, kelebihan motor AC adalah lebih awet, lebih bertenaga dan cocok digunakan untuk penggunaan komersial gym karena intensitas penggunaannya lebih tinggi bila dibandingkan penggunaan di rumah. Tentu saja harga treadmill dengan motor AC akan jauh lebih mahal dan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan motor DC.

Intinya, untuk penggunaan di komersial gym, wajib menggunakan motor AC. Sedangkan untuk rumahan bisa menggunakan motor DC. Walau begitu, penggunaan treadmill dengan motor AC di rumah tetap bisa menjadi pilihan karena treadmill bisa lebih awet.

  • HP dan CHP (Horse Power)

Istilah Dinamo Pada Treadmill Yang Perlu Kamu Tahu 9

Dalam memilih treadmill sering kali kita dianjurkan untuk memilih treadmill dengan nilai HP atau Horse Power yang tinggi. Padahal HP sendiri hanya merupakan ukuran tenaga yang dikeluarkan pada saat treadmill baru dinyalakan dan hanya bertahan dalam waktu yang singkat. Sementara CHP sendiri kepanjangan Continous Horse Power merupakan tenaga yang dikeluarkan dan dipertahanankan selama Treadmill digunakan.

  • CHP Scale (Continous Horse Power)

Istilah Dinamo Pada Treadmill Yang Perlu Kamu Tahu 10

Selain mengenali perbedaan antara HP dan CHP, hal lainnya yang harus diperhatikan ketika memilih treadmill adalah skala CHP itu sendiri. Sering kali penjual treadmill mengatakan bahwa produk Treadmill yang mereka jual memiliki Horse Power yang besar, namun harganya murah. Namun setelah di cek lebih lanjut, ternyata Continous Horse Power nya kecil.

Bisa disimpulkan bahwa Horse Power (HP) yang besar bukanlah acuan utama. Melainkan CHP (Continous Horse Power) yang harus menjadi perhatian utama, karena CHP adalah sebuah ukuran tenaga yang bertahan selama masa penggunaan.

Begitulah penjelasan dari beberapa motor treadmill yang ada. Apapun pilihan Anda dalam membeli treadmill dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Sumber refrensi: gymditnessindo.com & abcpowergenset.com

 

 

 

WhatsApp chat