Manfaat Trampoline Olahraga Seru Yang Bikin Langsing!

Bosan dengan jenis olahraga yang itu-itu saja? Kini saatnya Anda coba olahraga trampolin. Olahraga yang dilakukan dengan cara melompat-lompat di atas trampolin ini menawarkan aktivitas seru dan pengalaman yang berbeda dari olahraga pada umumnya. Tidak hanya itu, ternyata aktivitas yang satu ini juga memiliki  banyak manfaat kesehatan.

Salah satu aktivitas olahraga yang cukup menyenangkan adalah melompat di atas trampolin. Aktivitas ini efektif membakar hingga 160 kalori selama 30 menit. Yuk lihat manfaat olahraga yang jadi kegemaran semua umur ini:

  1. Lebih sehat dibanding lari

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Council on Exercise (ACE) menunjukkan bahwa berlari memberikan beban yang lebih berat pada pergelangan kaki dan tungkai bawah. Sedangkan pada orang yang melompat, gaya pada trampolin akan disalurkan secara merata ke kaki, punggung, dan kepala si pelompat. Dengan begitu, lebih banyak otot tubuh yang bekerja dan dilatih saat olahraga trampolin. 

Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa seseorang yang melompat menghabiskan energi yang sama besar seperti orang yang berlari, namun dengan beban yang lebih ringan pada tubuh mereka.

2. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh

Salah satu manfaat olahraga trampolin yang paling banyak dipelajari adalah membantu memperbaiki keseimbangan dan koordinasi tubuh, terutama pada populasi lansia. Meski begitu, olahraga trampolin ini tak cuma bagus untuk meningkatkan keseimbangan pada orang dewasa yang lebih tua saja.  Trampolin bisa menjadi salah satu alat latihan pilihan bagi atlet yang mencoba pulih setelah cedera.

3. Mengurangi sakit punggung

Salah satu manfaat paling mengejutkan dari olahraga trampolin adalah mengurangi sakit punggung. Hal ini berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sport and Tourism Polandia. Orang paruh baya yang melakukan olahraga trampolin selama 21 hari diketahui mengalami peningkatan kapasitas fungsional yang secara signifikan mengurangi sakit punggung.

Namun, sebelum memulai olahraga ini Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Pasalnya, melompat terlalu banyak atau terlalu tinggi bagi beberapa orang yang sudah memiliki sakit punggung bisa memperburuk keadaan mereka.

4. Menghilangkan stress

Meloncat-loncat di atas trampolin sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan di luar ruangan sambil menikmati udara segar. Setiap orang yang melakukan olahraga ini pasti tidak ada yang bisa menahan diri untuk tidak tersenyum setelah terlempar ke udara seolah-olah Anda sedang terbang. Sensasi tersebut merupakan sarana efektif untuk menghilangkan stres dan membuat Anda jadi lebih bahagia.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Olahraga trampolin dapat memberikan manfaat yang sama seperti olahraga aerobic, di mana keduanya baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Pasalnya trampolin dapat meningkatkan serapan oksigen karena lebih banyak oksigen yang bisa mencapai sel akibat perubahan gravitasi yang terjadi saat tubuh Anda memantul.

Sumber eferensi: hallodoc.co.id, dan halosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat