Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Pemula Saat Ngegym!

Pasti anda pernah merasakan canggung, bingung, atau bahkan takut saat baru pertama kali memasuki tempat fitnes. Anda mungkin akan bertanya-tanya, saya harus melakukan apa di tempat ini? Sebagai seorang pemula dalam dunia angkat beban anda harus bisa mengenali apa yang harus anda lakukan dan apa yang tidak harus anda lakukan, karena sekali Anda melakukan kesalahan maka akan berimbas pada hasil latihan dan dapat menurunkan motivasi anda dalam berlatih.

Simak beberapa kesalahan pemula saat melakukan fitness pertama kali.

  • Anda mengikuti cara orang lain berolahraga

Kalau Anda tidak yakin bagaimana untuk memulai atau bagaimana cara mengoperasikan suatu alat, carilah pelatih yang terpercaya untuk membantu Anda, bukan mengikuti pengunjung lain. Pelatih fitness yang berkualitas dapat merancang pola latihan yang efisien dan efektif sesuai kebutuhan Anda, sehingga Anda pasti akan berada di jalur yang benar.

  • Melakukan Angkat beban tanpa pendamping

Pemula sama seperti bayi, harus diajarkan cara berdiri dan berjalan yang benar oleh orang tuanya. Begitupula pemula dalam dunia angkat beban. Pelatih adalah yang mengajarkan Anda seluruh dasar dari angkat beban, baik tehnik, program latihan, suplementasi dan lain-lain. Pastikan pada saat awal memulai memasuki dunia angkat beban Anda sudah memiliki personal trainer sendiri atau minimal anda mempunyai rekan yang mampu mengajarkan Anda angkat beban.

  • Posisi tubuh yang salah saat menggunakan alat gym

Banyak orang yang tidak tahu cara menggunakan beragam alat yang tersedia di gym. Padahal, berolahraga dengan melakukan gerakan yang efisien adalah aspek yang paling penting untuk memaksimalkan waktu latihan Anda.

Jika postur tubuh Anda salah saat mengangkat beban,  Anda tidak hanya berisiko cedera dengan cara menekan tendon, sendi dan ligamen, tapi hasilnya pun juga mungkin akan nol besar. Jika Anda menyadari bahwa Anda memiliki otot paha yang lemah atau pinggul yang tidak fleksibel sehingga mencegah Anda melakukan gerakan dengan benar, cobalah memperkuat area lemah itu dulu.

Pelatih fitnes yang baik juga dapat membantu Anda sampai mendapatkan gerakan dan postur tubuh yang benar saat berolahraga untuk mencegah risiko cedera.

  • Pola latihan Anda tidak seimbang

Olahraga gabungan (latihan yang mengolah banyak kelompok otot) sangat ideal, tapi beberapa otot bisa menampilkan potensi maksimalnya justru saat dilatih terfokus satu per satu. Jadi penting juga untuk menyeimbangkan latihan Anda dengan memasukkan campuran gerakan gabungan dan isolasi. Fokuskan waktu olahraga di gym dengan perbandingan satu latihan isolasi untuk setiap dua atau tiga latihan gabungan.

Itulah beberapa kesalahan pemula saat melakukan latihan fitnes. Kesalahan ini bisa mempengaruhi kesehatan Anda, maka jangan ragu untuk bertanya apabila Anda belum pernah melakukan latihan fitnes sebelumnya.

Sumber referensi: hellosehat, programfitness.com, dan idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat