Cara Mengkonsumsi Nasi Yang Tepat Agar Terhindar Dari Diabetes!

Nasi adalah salah satu sumber karbohidrat, nasi putih merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia. Bahkan, kebanyakan orang Indonesia tidak merasa sudah makan kalau belum makan nasi putih. Tidak heran jika Indonesia merupakan salah satu negara yang konsumsi nasi putihnya paling besar di dunia.

Nasi putih merupakan salah satu makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik yang tinggi membuat nasi putih mudah dan cepat untuk dipecah menjadi gula yang akan diserap tubuh. Hal ini membuat kadar glukosa darah pada penderita diabetes akan cepat naik sehingga dapat membawa dampak buruk bagi penderita diabetes.

Saat ini penderita diabetes di Indonesia yang meninggal pada umur 30-69 tahun mencapai 48.300 orang dengan jumlah penderita perempuan lebih besar dibandingkan pria. Penyakit diabetes bisa menyebabkan pengaruh yang sangat besar pada tubuh, yakni munculnya berbagai jenis penyakit lain sebagai komplikasi pada penderitanya.

Karena itulah, diabetes menjadi penyakit yang wajib diwaspadai baik bagi mereka yang sudah terkena diabetes maupun yang tidak. Mari simak ulasan cara mengkonsumsi nasi yang tepat.

Waktu Yang Tepat Mengkonsumsi Nasi

Mengutip dari Times of India, waktu yang disarankan untuk makan nasi adalah saat makan siang. Di siang hari, metabolisme tubuh sedang aktif-aktifnya sehingga kita lebih cepat menyerap nutrisi dari makanan. Tubuh juga lebih cepat mencerna semua makanan berat yang disantap.

Setelah sarapan, siang hari adalah waktu di mana tubuh merasa lapar dan sangat membutuhkan energi agar tetap maksimal beraktivitas hingga 8 jam ke depan. Selain itu saat siang hari, tubuh dan otak juga sedang sangat produktif. Maka dari itu kamu perlu mengisinya dengan energi yang cukup dari karbohidrat.

Porsi Yang Tepat Mengkonsumsi Nasi

Menurut saran dari para ahli gizi, porsi nasi seimbang yang kamu butuhkan adalah sebanyak satu kepalan tanganmu setiap kali makan. Jumlah ini terbilang cukup bila kamu makan 3 kali sehari. Orang yang memiliki ukuran tubuh besar tentu memiliki kepalan tangan yang lebih besar. Sehingga jumlah nasinya pun bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat harianmu.

Ada pula saran lain yang menyatakan bahwa kamu butuh konsumsi nasi sebanyak 6 hingga 9 sendok makan dalam sekali makan. Karena asupan karbohidrat tambahan bisa kamu peroleh dari lauk atau camilan yang kamu santap.

Sebenarnya tidak harus menghindari nasi sama sekali. Bagaimanapun juga, karbohidrat tetap diperlukan tubuh sebagai penyedia tenaga tapi sebaiknya konsumsinya dibatasi. Selain itu, waktu dan porsi makan nasi juga perlu diperhatikan. Salam Sehat!

Sumber referensi: wolipop.detik.com, tribunnews.com dan hellosehat.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat