Jajanan Gurih Indonesia, Yuk Cek Kalorinya!

Banyak jajanan gurih yang menjadi menu camilan orang Indonesia, bahkan warga negara lain yang pernah merasakan makanan tersebut juga akan menyukainya. Konsumsi camilan sebaiknya di sela waktu makan, tapi jika Anda takut program diet berantakan, pilihlah camilan rendah kalori yang tetap mengenyangkan.

Ketika anda ingin ngemil tapi juga ingin diet maka jumlah camilan yang dianjurkan adalah sekitar 150-200 kalori. Tetapi sayangnya jenis camilan dan jajanan khas yang biasa kita santap ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi. Nah, agar kita tak kebablasan, ketahui kandungan kalori jajanan favorit berikut ini:

  1. SIOMAY DAN BATAGOR

Meski dikukus, setiap potong siomay yang disajikan mengandung 51 kkal, 6,03g karbohidrat, 0,85 gram lemak, dan 4,54 gram protein. Kalau kamu mengkonsumsi satu porsi penuh, dengan tambahan kol, kentang dan bumbu kacang, jumlah kalori bisa mencapai 500 kkal.

Sementara pada batagor, dalam satu potong terkandung 58 kkal, 5,83 gram  karbohidrat, 2,98 gram lemak, dan 2,06 g protein. Hal ini bisa lebih parah karena batagor disajikan dengan cara digoreng dan ditambah dengan bumbu kacang.

2. GORENGAN

Jajanan ini termasuk populer dan banyak digemari. Selain praktis, gorengan memang memiliki rasa yang enak dan cenderung membuat seseorang ketagihan. Namun hati-hati, selain tinggi kalori makanan jenis ini juga mengandung lemak “jahat” yang bisa memicu penyakit kardiovaskular dan kolesterol tinggi.

  • Tempe Goreng Kandungan gizi : Tiap 1 buah tempe goreng mengandung 34 kkal, 1,79 g karbohidrat, 2,28 g  lemak, dan 2,00 g  protein.
  • Tahu Goreng Kandungan gizi : Tiap 1 buah tahu goreng mengandung 35 kkal, 1,36 g karbohidrat, 2,62 g  lemak, dan 2,23 g  protein.
  • Pisang Goreng Kandungan gizi : Tiap 1 iris pisang goreng mengandung 68 kkal, 9,74 g karbohidrat, 3,58 g  lemak, dan 0,40 g  protein.
  • Ubi Goreng Kandungan gizi : Tiap 30 gr ubi goreng mengandung 48 kkal, 16,6 g  karbohidrat, 0,4 g lemak, dan 1,1 g  protein.
  • Singkong Goreng Kandungan gizi : Tiap 20 gr singkong goreng mengandung 57 kkal, 5,69 g karbohidrat, 3,6 g  lemak, dan 0,2 g  protein.

3. PEMPEK

Makanan khas dari Palembang ini juga sering dijadikan pilihan untuk mengganjal perut yang lapar. Namun ternyata ada tumpukan lemak yang bisa mengancam tubuh. Apalagi cara penyajian beberapa jenis pempek adalah digoreng.

Pempek memiliki kandungan 39 kkal (kilokalori), 1 kkal setara dengan 1000 kalori. Pempek juga mengandung 4,72 g karbohidrat, 1,04 g lemak, dan 2,52 gram  protein dalam setiap potong.

4. MARTABAK MANIS

Setiap satu porsi martabak manis mengandung hingga 347 kkal. Selain itu, ada pula kandungan karbohidrat yaitu sekitar 44,66 gram dan 16,12 gram lemak, serta 8,97 gram  protein. Camilan ini nyatanya memiliki kalori yang sangat tinggi. Apalagi sering disajikan dengan tambahan taburan lain, seperti keju atau kacang.

5. LEMPER

Jajanan pasar yang terbuat dari ketan berisi ayam atau abon ini memang sangat nikmat. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata satu potong lemper mengandung 133 kalori, 5.59 gram lemak, 14.91 gram karbohidrat, dan 5.98 gram protein.

Jika Anda sedang berdiet, godaan memakan jajanan gurih sering kali sulit dihindari. Untuk meredam keinginan makan, ubahlah pola makan Anda. Bila biasanya Anda ngemil dengan makanan gurih diatas secara berlebihan maka Anda bisa menggantinya dengan beberapa buah buahan sebagai cemilan tambahan. Tetap Jaga kesehatan Anda dengan menjaga pola hidup sehat sekarang juga!

Sumber referesni: lifestyle.kompas.com, halodoc.com, dan klikdokter.com

WhatsApp chat