Inilah 5 Binaragawan Berprestasi Dari Indonesia

Inilah 5 Binaragawan Berprestasi Dari Indonesia 1

Binaraga adalah kegiatan pembentukan tubuh yang melibatkan hipertropi otot intensif. Dengan melakukan latihan beban dan diet protein tinggi secara rutin dan intensif, seseorang dapat meningkatkan massa otot. Seseorang yang menekuni aktivitas ini disebut binaragawan (pria) atau binaragawati (wanita).

Banyak binaragawan yang membanggakan Indonesia di kancah Internasional, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ade Rai
Inilah 5 Binaragawan Berprestasi Dari Indonesia 2

Pria bernama lengkap I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha dengan olahraga binaraga terjadi secara tak sengaja. Musim adu panco di SMA Kanisius Jakarta, membuatnya berlatih keras agar bisa mengalahkan teman-temannya. Saat masih SMA itu Ade sudah berlatih push up ratusan hingga ribuan kali hanya demi menang panco dengan teman sekolahnya. Ambisi tersebut membuatnya mendaftarkan diri menjadi anggota klub binaraga School of Selfdefense Indonesia (SOSI) di Bandung.  Setelah tiga tahun berlatih, Ade pertama kali mengikuti lomba dengan turun di Kejurnas antarwilayah pada 1992, dan berhasil juara pertama. Dari situ, Ade kemudian ditarik masuk Pelatnas dan mulai serius mendalami binaraga.  Selain sukses menjuarai kejuaraan dalam negeri, Ade juga berhasil menjadi juara I Kejuaraan Dunia Musclemania di California, AS, dan juara I Super Body di New York, Amerika.

2. Levy Rumbewas

Inilah 5 Binaragawan Berprestasi Dari Indonesia 3

Atlet kelahiran 15 Oktober 1948 ini Atlet asal Papua ini dikenal sebagai Mr Asia setelah menyabet gelar juara di Kejuaraan Binaraga Asia 1991 di Korea Selatan. Siapa tak kenal dengan Levi Rumbewas atlet senior kelahiran kota Papua yang telah mengharumkan bangsa ini di kancah binaraga internasional. Namanya yang selalu dielu-elukan di masa kejayaan tahun 80-an, Levi meyakinkan Indonesia bahwa dirinya merupakan binaragawan terbaik dan berprestasi pada kelas 70kg dengan perolehan medali emas pada Asean Games tahun 1987 dan 1989.

3. Wenpi Wungau

Inilah 5 Binaragawan Berprestasi Dari Indonesia 4

Wempi Wungau yang telah memboyong pulang beberapa medali emas pada Sea Games tahun 1989 hingga tahun 1997. Meskipun prestasi puncaknya di Asean Games 2002 di Busan, Korea Selatan hanya membuahkan medali perak, namun Indonesia tetaplah bangga dan patut kagum atas apresiasi yang dikerahkan Wempi demi mempertahankan prestasi binaraga Indonesia.

4. Asrelawandi

Inilah 5 Binaragawan Berprestasi Dari Indonesia 5

Atlet kebanggaan Riau, Asrelawandi juga patut menjadi panutan sepanjang sejarah binaragawan terbaik Indonesia. Meskipun usianya tergolong senior, namun tekadnya tak luput dari eksistensi semangat pemuda yang militan.

Dikenal sebagai spesialis binaraga kelas 60kg, Asrelawandi yang bergelut di binaraga sejak tahun 1983, senantiasa menoreh prestasi dengan peraihan medali emas diperhelatan olahraga ter-akbar bertaraf dunia maupun Asia dan telah mengumpulkan 6 medali emas selama PON. Asril hingga kini masih membuktikan taringnya pada masyarakat di ajang kejuaraan bergengsi nasional bahkan internasional sekalipun.

5. Syafrizaldi

Inilah 5 Binaragawan Berprestasi Dari Indonesia 6

Syafrizaldi lahir di Medan, Sumatera Utara tanggal 10 Juni 1965 dengan umur sudah mencapai 54 tahun adalah seorang mantan atlet binaraga Indonesia dalam kelas 75 kg dan dijuluki sebagai ‘Raja kelas 75 kg’. Ia pernah meraih juara pertama pada Asian Beach Games 2008, peringkat ke-4 dunia pada ajang Kejuaraan Dunia Binaraga di Korea pada Oktober 2007, juara 3 pada Asian Games XV di Doha, Qatar pada tahun 2006, serta beberapa medali emas dalam ajang SEA Games dan ajang lainnya.

Sumber referensi: repsid.com. Wikipedia.org, dan indosoprt.com



WhatsApp chat