Apa Sih Sebenarnya South Beach Diet Itu?

Apa Sih Sebenarnya South Beach Diet Itu? 1

SBD (South Beach Diet) atau “Diet jantung sehat” ditemukan oleh Arthur Agatston, MD, adalah seorang dokter jantung yang awalnya merancang pola diet ini untuk membantu pasiennya yang memiliki gejala sindrom resistensi insulin, salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Diet ini intinya membatasi konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh dan sebagian besar jenis karbohidrat.

Diet dilakukan dalam tiga tahapan, Namun begitu, South Beach Diet menjadwalkan adanya pola teratur yang terdiri dari makan utama tiga kali sehari dan juga tiga kali snack di antara waktu makan utama. Atau anda bisa menggunakan alat olahraga lain untuk hal ini.

Diet South Beach dan versi Supercharged diawali dengan tahap pertama yang sangat ketat, lalu diikuti oleh tahap jangka panjang yang menawarkan pilihan makanan lebih beragam dan tahap ketiga yang fokus pada upaya menjaga berat badan target.

  • Tahap 1 dirancang untuk pelaku diet yang harus menurunkan berat badannya lebih dari 4,54 kilogram (10 pound).

Apa Sih Sebenarnya South Beach Diet Itu? 2

Makanan yang disarankan antara lain sayuran – sayuran segar, beku, atau kalengan tanpa gula tambahan, termasuk sayuran salad, tomat, asparagus, brokoli, kembang kol, sawi hijau, terung, jamur, lobak hijau, dan timun Jepang. Sedangkan untuk daging (hewani) yaitu dada ayam tanpa kulit, dada ayam kalkun, ayam kampung, daging kambing, daging sapi dan ikan laut.

  • Pada tahap 2, untuk penurunan berat badan diperkirakan mencapai 0,6–1 kilogram (1–2 pound) per minggu, dan pelaku diet tetap menjalani tahap 2 hingga mencapai sasaran penurunan berat badannya.

Apa Sih Sebenarnya South Beach Diet Itu? 3

Makanan yang disarankan sama seperti tahap satu dengan tambahan hot dog 97% bebas lemak dan buah-buahan (dimulai dengan satu porsi setiap hari dan secara bertahap bertambah hingga tiga porsi per hari).

  • Tahap 3 terdiri atas upaya untuk menjaga berat badan target seumur hidup. Agatston menegaskan bahwa pelaku diet tidak akan merasa lapar karena program ini dilengkapi dengan tiga porsi makanan (appetizer, main course, dessert), minimal dua makanan ringan, dan sesekali makanan penutup.

Apa Sih Sebenarnya South Beach Diet Itu? 4

Dengan diet ini Anda tetap bisa makan enak, tapi berat badan Anda juga akan terus turun. Diet ini juga akan meningkatkan kesehatan jantung sekaligus mengurangi lingkar pinggang hanya dengan sedikit ketekunan. Kapasitas dan jenis latihan yang diperlukan oleh diet ini biasanya sesuai dengan rekomendasi untuk hidup sehat.

Sumber referensi: doktersehat.com

WhatsApp chat