Mitos Dan Fakta Mengenai Makanan Yang Perlu Kamu Tahu!

Mitos Dan Fakta Mengenai Makanan Yang Perlu Kamu Tahu! 1

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi oleh manusia. Makanan adalah sumber energi yang manusia gunakan agar tetap kuat untuk menjalankan aktivitasnya. Namun, terkadang banyak yang membuat orang bingung tentang makanan apa yang baik untuk dimakan atau justru sebenarnya tidak baik dikonsumsi.

BACA JUGA : GROSIR ALAT FITNESS IREBORN MURAH

Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat seputar makanan dan minuman yang kita konsumsi, terkait dengan efeknya bagi kesehatan tubuh kita. Manakah yang mitos dan manakah yang fakta mari simak penjelasan di bawah:

MITOS

  • GULA MERAH LEBIH SEHAT DARI GULA PASIR

Mitos Dan Fakta Mengenai Makanan Yang Perlu Kamu Tahu! 2

Apa pun namanya, gula merah dan gula pasir memang tidak baik untuk kesehatan tubuh dan jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan pasti tidak bagus untuk tubuhmu. Risiko terkena penyakit juga menjadi tinggi saat kamu kebanyakan mengkonsumsi gula.

  • MAKAN SEAFOOD + ES JERUK (vitamin c) = KERACUNAN

Mitos Dan Fakta Mengenai Makanan Yang Perlu Kamu Tahu! 3

Kabar bahwa makan seafood dan es jeruk menimbulkan racun arsenik dalam tubuh itu hanya mitos. Seafood dan es jeruk tidak mengandung arsenik. Vitamin C justru mengandung antioksidan yang bisa menetralisir kolesterol yang terkandung dalam seafood. Tidak masalah mengkonsumsi keduanya secara bersamaan. Seafood sama sekali tidak mengandung arsenik, kecuali yang sudah tercemar sebelumnya.

  • MAKAN LEWAT PUKUL 8 MALAM

Mitos Dan Fakta Mengenai Makanan Yang Perlu Kamu Tahu! 4

Mungkin kamu pernah percaya kalau setelah jam 8 malam sudah tidak boleh makan. Sebenarnya yang benar itu tidak boleh makan banyak 3-4 jam sebelum tidur. Di samping bikin perut buncit, hal ini juga tidak bagus karena menyebabkan gula di dalam darah naik.

FAKTA

  • KARBOHIDRAT TIDAK SELALU BURUK

Mitos Dan Fakta Mengenai Makanan Yang Perlu Kamu Tahu! 5

Banyak orang yang ‘ketakutan’ mengkonsumsi karbohidrat karena dinilai picu kegemukan. Padahal, ada beberapa karbohidrat yang sangat kaya akan manfaat sehat, seperti nasi, whole grain, serta buah dan sayuran (ya, sayuran secara teknis mengandung karbohidrat). Intinya, lagi-lagi adalah tentang komposisi yang seimbang antara seluruh nutrisi harian.

  • COKLAT BAIK UNTUK TUBUH

Mitos Dan Fakta Mengenai Makanan Yang Perlu Kamu Tahu! 6

Tidak semua cokelat berpengaruh buruk bagi tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi cokelat jenis dark chocolate kok, karena jenis cokelat ini tidak ada kandungan susu maupun gula, jadi aman untuk berat badanmu nih. Bahkan dark chocolate  baik untuk kesehatan jantung.

  • GARAM MEMBUAT DARAH TINGGI

Mitos Dan Fakta Mengenai Makanan Yang Perlu Kamu Tahu! 7

Tubuh kita sebenarnya hanya butuh 5-6 gram garam dapur setiap hari. Kelebihan garam bisa memicu jantung bekerja lebih keras. Penyebabnya adalah kandungan natrium dalam garam. Selain memicu hipertensi, kelebihan natrium juga menyebabkan kerusakan ginjal. Maka jangan berlebihan mengkonsumsi garam.

Mitos dan fakta mengenai makanan di atas merupakan hal yang mungkin pernah kita dengar. Dan pada dasarnya semua makanan memiliki manfaatnya masing-masing tergantung bagaimana cara kita mengkonsumsinya. Jadi, konsumsilah makanan dengan pola sehat dan tidak berlebihan. Ayo Jaga Pola Makan Sekarang Juga!

Sumber referensi: kompas.com

WhatsApp chat