6 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama Ramadan

6 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama Ramadan 13

Selama berpuasa, minum banyak air menjadi tantangan tersendiri. Kurang konsumsi air bisa membuat tubuh dehidrasi. Semangka bisa jadi pilihan terbaik untuk menambah kandungan air di dalam tubuh. Agar Anda tak bosan, air putih bisa diimbangi dengan konsumsi buah semangka yang tinggi akan kandungan air. Dalam 100 gram buah semangka mengandung kalori sebesar 28 Kkal. Berikut ini adalah kebaikan dalm buah semangka:

  • Tinggi kandungan air

6 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama Ramadan 14

Semangka memiliki kadar air yang tinggi yaitu sebesar 92 persen. Selain itu semangka juga mengandung mineral penting seperti magnesium, kalsium, natrium dan kalium yang dapat menghidrasi Anda lebih efektif daripada air. Efek samping dari dehidrasi sebenarnya cukup serius dan dapat menyebabkan sakit kepala, kurangnya konsentrasi, kelelahan dan lemas. Kalau hal ini tak ingin terjadi, Anda bisa mengkonsumsi buah semangka saat berbuka puasa atau sahur.

  • Rendah Kalori

6 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama Ramadan 15

Buah semangka termasuk yang rendah kalori. Per 100 gram hanya 28 Kkal dan rendah gula. Kandungan airnya yang tinggi bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Buah semangka bisa dikonsumsi dalam bentuk buah potong, jus tanpa tambahan gula atau diolah menjadi tambahan es buah.

Semangka juga mengandung vitamin A, B dan C. Semangka juga mengandung kalium dan citrulline yang merupakan asam amino penting. Hanya satu irisan kecil semangka bisa memasok kebutuhan vitamin C dan A harian.

  • Melindungi Kulit

6 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama Ramadan 16

Likopen dan beta karoten dalam semangka dapat membantu melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Menurut sebuah penelitian, likopen bertindak seperti tabir surya dari dalam. Wanita yang mengonsumsi 16 mg lycopene sehari selama 12 minggu menunjukkan pengurangan efek merusak sinar UVA dan UVB, termasuk sinar matahari dan kerusakan sel.

  • Sehatkan Jantung

6 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama Ramadan 17

Semangka dapat menyehatkan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa likopen memiliki kardiovaskuler termasuk mengurangi risiko stroke. Semangka juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Semangka juga tinggi akan vitamin C yang bisa memperbaiki pembulu darah dan membantu turunkan kadar kolesterol yang dapat menyehatkan jantung Anda.

  • Baik Untuk Kesehatan Mata

6 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama Ramadan 18

Kandungan likopen yang tinggi dalam semangka dapat membantu melindungi mata terhadap kerusakan oksidatif dan peradangan. Ini juga dapat membantu dalam mencegah degenerasi makula terkait usia yang merupakan masalah umum penyebab kebutaan orang dengan usia tua. Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan anti inflamasi dapat membantu mencegah degenerasi makula yang berkaitan dengan usia.

  • Tingkatkan Pencernaan

6 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama Ramadan 19

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat dimana keduanya penting untuk sistem pencernaan yang sehat. Air membantu menjaga saluran perncernaan menjadi lancar. Makan buah-buahan yang tinggi air seperti semangka dapat membantu pergerakan usus normal.

Sumber refrensi: hot.liputan6.com & food.detik.com