5 Jenis Doping Yang Berbahaya Untuk Tubuh !

5 Jenis Doping Yang Berbahaya Untuk Tubuh ! 1

Doping adalah zat kimia yang dibuat untuk membantu kinerja tubuh. Awalnya doping ini dipakai untuk mengobati orang sakit, namun lama kelamaan para atlet jadi penasaran untuk mencobanya. Tujuan memakai doping itu sendiri adalah upaya untuk meningkatkan prestasi dengan menggunakan zat atau metode yang dilarang dalam olahraga.

Penggunaan doping memang sudah menjadi hal yang umum dilakukan di kalangan atlet sedunia. Meski begitu, bukan berarti penggunaannya itu diperbolehkan atau patut dianggap normal. Secara universal, para atlet olahraga yang beralih ke obat doping diyakini terpicu oleh keinginan kuat untuk mendapatkan prestasi instan.

Ada sejumlah obat doping tergolong populer di kalangan atlet yang notabene sangat tidak diperbolehkan oleh badan-badan olahraga mana pun. Apa saja jenis obat terlarang berikut ulasannya:

Erythropoietin (EPO)

5 Jenis Doping Yang Berbahaya Untuk Tubuh ! 2

Hormon peptida ini diproduksi secara alami oleh tubuh manusia melalui organ ginjalnya. EPO pasalnya dilepaskan dari ginjal dan bekerja di bagian sumsum tulang untuk merangsang produksi sel darah merah. Dengan menyuntikkan EPO, para atlet berniat untuk meningkatkan konsentrasi sel darah merah mereka yang mana akan memicu kemampuan dan kapasitas penggunaan oksigen dalam pembuatan energi oleh otot-otot atau yang notabene dikenal dengan istilah aerobik. Penyalahgunaan EPO bisa menyebabkan sakit jantung, stroke, paru-paru hingga kematian.

CERA

5 Jenis Doping Yang Berbahaya Untuk Tubuh ! 3

CERA merupakan salah satu bentuk EPO yang jauh lebih berbahaya lantaran penggunaan dalam kadar sedikit saja sudah bisa memastikan efek berjangka panjang yang tak dimiliki EPO. Pasalnya para atlet beralih ke tipe doping ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka sekaligus mempercepat proses pemulihan pada sakit atau luka yang ada pada tubuhnya.

Steroid Anabolik

5 Jenis Doping Yang Berbahaya Untuk Tubuh ! 4

Doping ini mirip dengan hormon testosteron yang diproduksi di testis pria. Menyuntikkan obat ini akan mempengaruhi pertumbuhan otot. Doping jenis ini juga digunakan lantaran bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan mempercepat pemulihan dari cedera.

Efek samping dari penyalahgunaan obat ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, timbulnya jerawat, kelainan pada fungsi hati, perubahan dalam siklus menstruasi, penurunan produksi sperma serta impotensi pada pria, gagal ginjal dan penyakit jantung. Mereka juga dapat membuat orang lebih agresif.

Doping Gen

5 Jenis Doping Yang Berbahaya Untuk Tubuh ! 5

Doping gen digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan otot, produksi darah, daya tahan tubuh, penyebaran oksigen dan kekebalan terhadap rasa nyeri atau sakit. Pasalnya doping ini menggunakan rekayasa genetika yang diinjeksikan ke dalam tubuh seseorang untuk kepentingan-kepentingan tadi. Saat ini belum ada metode pengujian yang mampu mendeteksi doping gen.

Insulin

5 Jenis Doping Yang Berbahaya Untuk Tubuh ! 6

Insulin meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam otot yang mana membantu para atlet mendapatkan daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Penyalahgunaan insulin dapat menyebabkan hipoglikemia, hilangnya fungsi kognitif, kejang-kejang, ketidaksadaran diri dan dalam beberapa kasus ekstrem dapat menyebabkan kerusakan otak serta kematian.

Sudah jelaskan bagaimana bahayanya doping buat tubuh kamu, maka mulai saat ini hindari pemakaian doping yang berlebihan. Dampak yang ditimbulkan untuk tubuh sangatlah berbahaya, So Be Carefull and Stay Healthy guys!

Sumber referensi: liputan6.com, alodokter.com dan indozone.id

 

WhatsApp chat