1

Vitamin di dalam suplemen tidak dapat menjadi pengganti semua nutrisi yang Anda butuhkan. Untuk itu, Anda dianjurkan memperoleh asupan vitamin dari kandungan makanan segar seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Pastikan konsumsi vitamin sesuai dengan anjuran dan rekomendasi kebutuhan harian yang Anda perlukan.

Suplemen vitamin tambahan mungkin tidak lagi dibutuhkan apabila Anda telah mengkonsumsi beragam makanan sehat secara teratur. Jenis-jenis makanan sehat ini dapat berupa aneka buah, sayur, daging, ikan, dan sumber karbohidrat. Namun, suplemen bisa dikonsumsi ketika kebutuhan meningkat atau terjadi kekurangan asupan. Misalnya ketika sakit, bagi wanita hamil atau menyusui, orang-orang lanjut usia, atau dalam masa pemulihan setelah sakit.

Beberapa vitamin dibawah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari hari:

  • Vitamin D

2

Para ahli mengklaim vitamin D sebagai suplemen penting bagi tubuh. Biasanya, vitamin D secara alami didapat melalui paparan sinar matahari. Kandungan vitamin ini sangat sulit didapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Menurut seorang konsultan diet, Helen Bond, orang dewasa dan anak-anak yang berusia di atas satu tahun direkomendasikan mengkonsumsi suplemen harian yang mengandung 10 mikogram vitamin D.

  • Vitamin C

3

Mengkonsumsi vitamin c secara rutin dapat menjaga kesehatan mulut dan gusi, mengurangi risiko kanker juga sebagai antioksidan. Baik dikonsumsi pria: 90 mg dan wanita: 75 mg, untuk perokok membutuhkan dosis tambahan 35 mg.

  • Vitamin B12

4

Vitamin ini banyak ditemui dalam produk hewani seperti daging merah. Jadi, para vegan sangat rentan mengalami kekurangan nutrisi ini. Manfaat vitamin ini adalah untuk melindungi sel saraf, menghasilkan sel darah merah dan melancarkan pertumbuhan. Baik dikonsumsi oleh Pria dan wanita usia 14 tahun ke atas: 2,4 mcg.

  • Kalsium

5

Vitamin  harian yang baik dikonsumsi perempuan adalah kalsium. Dibandingkan dengan pria, wanita lebih rentan terhadap osteoporosis, yang disebabkan karena kekurangan kalsium. Dalam rangka menjaga kesehatan tulang, kalsium adalah suatu keharusan. Beberapa sumber penting kalsium termasuk produk susu dan telur. Dosis suplemen kalsium untuk mengatasi kekurangan kalsium adalah, Dewasa: 0,5–4 g per hari, dibagi dalam 1–3 dosis dan anak-anak: 0,5–1 g per hari.

  • Vitamin A

6

Manfaat yang bisa di dapatkan dari mengkonsumsi vitamin A secara rutin adalah dapat menjaga kesehatan mata, tulang, dan kulit. Menguatkan sistem imunitas tubuh. Mencegah komplikasi campak terutama pada anak. Kadar aman mengkonsumsi vitamin A adalah 10.000 IU perhari.

  • Vitamin E

7

Manfaat konsumsi vitamin E adalah dapat membantu pembentukan sel darah merah. Memperkuat daya tahan tubuh. Kadar aman mengkonsumsi 1.500 IU dari makanan 2.200 IU untuk vitamin E sintetik.

Begitu banyak makanan alami yang mempunya berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh. Vitamin merupakan suplemen maknan tambahan yang berguna untuk menunjang kekurangan vitamin dalam tubuh. Tetap semangat tetap sehat!

Sumber refresnsi: lifestyle.kompas.com, lifestyle.bisnis.com & alodokter.com

 

WhatsApp chat