Yuk, Tau Lebih jauh apa itu Box Jump Exercise!

Box Jump membutuhkan keterlibatan yang signifikan dari tubuh bagian bawah dan tubuh bagian inti, serta koordinasi dan konsentrasi untuk melakukan latihan dengan benar. Secara umum, Box Jump adalah gerakan yang baik untuk dimasukkan dalam latihan yang berfokus pada kekuatan dan gerakan ini harus dimasukkan pada awal rutinitas setelah pemanasan.

MANFAAT

  • Gerakan ini bersifat eksplosif dan efektif sehingga Anda dapat mengharapkan otot paha dan bokong yang lebih kencang dalam beberapa minggu saja.

  • Latihan box jumpjuga akan meningkatkan tingkat fitnes Anda. Hal ini karena gerakannya yang sulit untuk dilakukan dan merupakan suatu hal yang tidak mudah untuk para pemula. Jadi ketika Anda akan melakukan gerakan ini, pastikan untuk tidak terburu-buru. Kami yakin performa Anda akan meningkat.

  • Mampu membentuk otot yang kencang dan membantu untuk memelihara kesehatan tubuh. Jika Anda ingin mengencangkan tubuh, tidak ada olahraga yang lebih baik dari latihan box jump.

  • Jaringan otot Anda melalui latihan ini akan teraktifasi. Namun hal ini akan tergantung dari seberapa tinggi dan eksplosifnya lompatan Anda.

  • Anda dapat membakar banyak kalori dan menurunkan berat badan dengan mudah melalui bantuan olahraga ini.

Step – Step melakukan Box Jump

Yang Anda butuhkan untuk melakukan Box jumps adalah kotak kayu yang memang di tujukan untuk latihan ini, bangku kokoh, kursi, atau permukaan tinggi yang kokoh lainnya. Jika Anda baru memulai, merasa nyaman dengan kotak atau permukaan yang lebih rendah sebelum mencoba untuk maju ke kotak yang lebih tinggi, Anda bisa mencoba dengan menggunakan stepper.

Karena tujuannya adalah untuk mendaratkan kaki Anda di atas kotak, maka Anda harus memastikan kotak yang Anda pakai tidak licin dan bergeser saat di gunakan untuk latihan. Jangan sampai Anda jatuh karena bagian bawah box yang licin, karena itu kan sangat membahayakan tubuh Anda.

  1. Berdiri menghadap ke kotak, kaki Anda kira-kira enam inci dari sisinya. Kaki Anda harus terpisah sejauh pinggul, lutut dan pinggul Anda sedikit ditekuk dalam posisi atletik.
  2. Tekuk lutut dan tekan pinggul ke belakang saat Anda mengayunkan lengan ke belakang dengan gerakan yang halus.
  3. Melompat lurus ke udara, mengayunkan lengan Anda ke depan dan ke belakang saat Anda sepenuhnya memperpanjang lutut dan pinggul Anda untuk mendapatkan lompatan setinggi yang Anda mampu.
  4. Pada puncak lompatan Anda, tekuk lutut dan pinggul Anda untuk menariknya ke depan agar bisa mendarat di atas kotak.
  5. Mendaratlah dengan kedua kaki sekaligus di atas kotak. Cobalah melakukan ini dengan pelan dan hati – hati, membiarkan lutut dan pinggul Anda menekuk secara alami untuk membantu menyerap goncangan pendaratan.
  6. Periksa posisi kaki Anda saat berada di atas kotak, kaki Anda harus berjarak kira-kira sejauh pinggul.
  7. Coba turun dengan gerakan lompatan yang lebih pelan agar mendarat dengan aman.
  8. Ulangi gerakan ini sekitar 20 kali.

Box Jump, merupakan olahraga yang berat untuk pemula, tapi jika Anda melakukan olahraga ini secara rutin maka banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jadi silahkan coba olahraganya dan rasakan manfaatnya!

Sumber referensi: www.verywellfit.com dan www.wanita22.com

WhatsApp chat