Yuk Mari Mengenal Sirtfood Diet Yang Bikin Makin Kece!

Yuk Mari Mengenal Sirtfood Diet Yang Bikin Makin Kece! 1

Sirtfood diet adalah metode diet yang diciptakan oleh dua ahli gizi selebriti yang bekerja di pusat kebugaran swasta di Inggris. Kedua ahli gizi tersebut mempromosikan sirtfood diet sebagai metode diet baru yang revolusioner yang bekerja dengan cara menyalakan “gen kurus” Anda.

Jadi, sirtfood diet didasarkan pada penelitian tentang sirtuins (SIRTs), tujuh protein yang ditemukan dalam tubuh yang telah terbukti mampu mengatur berbagai fungsi, termasuk metabolisme, peradangan, dan masa hidup. Senyawa tumbuhan alami tertentu dipercaya dapat meningkatkan kadar protein ini di dalam tubuh, dan makanan yang mengandung senyawa tersebut dijuluki dengan istilah “sirtfood”.

Diet Sirtfood dijalani selama tiga minggu dan terbagi dalam dua fase:

Fase 1:

Yuk Mari Mengenal Sirtfood Diet Yang Bikin Makin Kece! 2

Tiga hari pertama diet, makanan dibatasi hanya dengan minum tiga jenis jus dan satu makanan kaya akan sirtuin. Dengan total 1000 kalori per harinya. Kemudian empat hari berikutnya pediet hanya boleh minum dua gelas jus sayuran dan makan dua porsi makanan kaya sirtuin, yang totalnya 1.500 kalori per hari. 

Fase 2:

Yuk Mari Mengenal Sirtfood Diet Yang Bikin Makin Kece! 3

Fase ini lebih kepada pemeliharaan dari diet ketat di tujuh hari sebelumnya. Selama dua minggu, pediet hanya boleh makan tiga porsi makanan Sirtfood dan satu jus sayuran Sirtfood setiap harinya.

Setelah tiga minggu menjalani diet Sirtfood, tidak diharuskan mengikutinya secara permanen. Hanya saja dalam pola makan sehari-hari disarankan memasukkan makanan kaya sirtuin sebanyak mungkin. Diet Sirtfood diikuti olahraga akan memberi hasil penurunan berat badan yang lebih baik, minimal 30 menit sehari, lima hari seminggu.

Makanan apa yang boleh dikonsumsi saat melakukan diet sirtfood?

Jika kebanyakan diet melarang keras Anda mengkonsumsi cokelat dan wine, diet sirtfood justru merekomendasikan makanan tersebut untuk dikonsumsi selama Anda melakukan program diet ini. Pasalnya, cokelat, terutama cokelat hitam, dan wine merupakan sumber makanan tinggi sirtuin. Selain cokelat dan wine beberapa makanan lainnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama berdiet adalah:

  • Jus Hijau Diet Sirtfood

Yuk Mari Mengenal Sirtfood Diet Yang Bikin Makin Kece! 4

Jus hijau adalah salah satu komponen terpenting dalam diet sirtfood. Jus hijau ini bisa didapat dari, Kale, Seledri dan Apel Hijau.

  • Makanan Hijau Diet Sirtfood

Yuk Mari Mengenal Sirtfood Diet Yang Bikin Makin Kece! 5

Makanan hijau disini adalah berbagai sayuran dengan olahan yang sehat. Makanan hijau ini biasanya terdiri dari, Tumis Brokoli, Tumis Kangkung, dan Salad hiju seperti kale atau selada dengan toping dada ayam.

  • Buah Diet Sirtfood

Yuk Mari Mengenal Sirtfood Diet Yang Bikin Makin Kece! 6

Seperti diet lainnya diet ini juga diwajibkan mengkonsumsi buah tapi, ada beberapa buah yang memang mengandung sirtuin seperti Apel, Lemon, Strawberry, Blueberry dan Kurma.

  • Camilan Diet Sirtfood

Yuk Mari Mengenal Sirtfood Diet Yang Bikin Makin Kece! 7

Kelebihan diet ini adalah boleh mengkonsumsi alkohol dan coklat. Selain buah-buahan coklat hitam bisa menjadi menu camilan Anda. Anda juga diperbolehkan mengkonsumsi Red Wine.

Dua fase diet sirtfood dapat diulang sesering mungkin hingga Anda mendapatkan berat badan yang diinginkan. Meskipun begitu, sangat disarankan menerapkan satu diet untuk jangka panjang tanpa berkonsultasi dengan dokter maupun ahli gizi.

Jadi, jika Anda ingin menerapkan diet ini untuk jangka panjang panjang, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter atau ahli gizi, terutama jika Anda memiliki gangguan kesehatan tertentu.

Sumber referensi: doktersehat.com, wolipop.detik.com, tirti.id & halosehat.com

WhatsApp chat