Tips Menjaga Pola Makan Sehat Pada Saat Bulan Puasa

Tips Menjaga Pola Makan Sehat Pada Saat Bulan Puasa 1

Berpuasa adalah salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap langsing dan sehat. Dengan berpuasa kita bisa mencegah diri untuk memakan makanan ringan atau ngemil. Jika ingin memiliki badan yang indah dan langsing ketika puasa, maka pola makan harus dijaga dengan memakan makanan yang sehat.

Buka puasa dan sahur dengan makanan seimbang penting karena makanan yang mengisi perut saat sahur dan berbuka akan membantu puasa di hari berikutnya lebih baik. Ramadan adalah kesempatan untuk menumbuhkan kebiasaan makan yang baik dan sehat yang akan tetap dilakukan setelah bulan puasa berakhir.

Berikut beberapa kiat untuk menjaga pola makan sehat selama Ramadan, terutama ketika sahur dan berbuka puasa. Sehingga, pola makan sehat terus terbawa meski bulan puasa sudah berakhir.

MAKAN SAHUR

Tips Menjaga Pola Makan Sehat Pada Saat Bulan Puasa 2

Makan sahur adalah makan yang di lakukan sebelum berpuasa tiba agar tidak lemas seharian disarankan untuk perbanyak makan sayur ketika sahur. Kemudian minum jus buah atau susu untuk menambah asupan vitamin saat berpuasa seharian, dan jangan lupa mengekonsumsi air putih minimal 3 gelas ketika sahur agar badan tidak dehidrasi saat berpuasa seharian.

BERBUKA PUASA

  • Awali Dengan Yang Manis

Tips Menjaga Pola Makan Sehat Pada Saat Bulan Puasa 3

Ketika berbuka puasa usahakanlah di awali dengan yang manis seperti memakan 1-3 buah kurma, dilanjutkan dengan jus buah, jus buah sudah memiliki pemanis alami di dalamnya sehingga lebih baik mengkonsumsi jus buah di bandingkan teh manis. Tujuan dari berbuka puasa di awali dengan yang manis ini adalah untuk menjaga kadar gula tubuh setelah seharian.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Tips Menjaga Pola Makan Sehat Pada Saat Bulan Puasa 4

Setelah berbuka dengan yang manis, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih minimal 1 gelas ketika berbuka puasa. Karena di anjurkan meminum air putih sebanyak 8 gelas perhari demi menjaga tubuh agar tidak dehidarsi.

  • Hindari Gorengan

Tips Menjaga Pola Makan Sehat Pada Saat Bulan Puasa 5

Berbuka puasa identik dengan gorengan, nah sekarang lebih baik gorengan diganti dengan buah, salad, atau kolak. Kenapa kolak, karena kolak bukan makanan yang di goreng. Kolak yang sehat adalah kolak yang bukan menggunakan santan ketika di masak, tetapi bisa menggunakan susu cair atau susu UHT sebagai pengganti santan.

  • Hindari Makanan Rendah Lemak

Tips Menjaga Pola Makan Sehat Pada Saat Bulan Puasa 6

Jika ingin makan daging, ikan, ataupun ayam akan lebih baik jika tidak menggorengnya. Bisa di bakar, di sayur, atau di oven.

  • Hindari Makan Sebelum Tidur

Tips Menjaga Pola Makan Sehat Pada Saat Bulan Puasa 7

Jika memungkinkan hindari makan nasi setelah terawih atau sebelum tidur. Jika memang harus terpaksa makan lebih baik hindari nasi bisa makan lauknya saja atau buah.

Sumber referensi: tirto.id

WhatsApp chat