TIPS Berolahraga Treadmill Untuk Pemula

Harga Alat Fitnes Treadmill Elektrik Online

Treadmill merupakan alat olahraga yang simple dan mudah digunakan bagi siapa saja. Treadmill juga merupakan alat fitness yang paling banyak digunakan oleh para pemula olahraga. Pemakaian alat treadmill yang mudah dan bisa di lakukan di rumah ataupun di tempat fitness menjadikan alat ini luar biasa bermanfaat bagi para pemula.

Inilah beberapa tips yang bisa membantu pemula untuk melakukan treadmill dengan mudah.

  • KENALI PERALATAN ANDA

olahraga treadmill

Orang bilang tak kenal maka tak sayang, begitu pula dengan peralatan olaraga ini. Sebagai pemula akan lebih baik jika anda mencari tahu terlebih dahulu bagaimna menggunakan alat yang akan digunakan. Akan lebih mudah lagi jika anda bertanya kepada teman atau trainer yang sudah berpengalaman menggunakan alat tersebut. Gunanya adalah untuk menghindari kecelakaan atau cidera karena salah menggunakan treadmill murah.

  • MELAKUKAN PEMANASAN

olahraga

Pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga adalah suatu kewajiban, tujuannya adalah untuk menghindari cidera dan keram pada saat berolahraga. Treadmill juga merupakan olahraga yang mengharuskan melakukan pemanasan sebelumnya. Lakukan perenggangan otot ringan sebelum berlari di treadmill. Lakukanlah jalan ringan di atas treadmill dengan speed yang rendah, lalu pemanasan 10 menit sebelum melakukan treadmill.

  • MULAI BEROLAHRAGA

treadmill

Salah satu yang juga penting di perhatikan adalah bagaimana anda berjalan di atas treadmill. Berolahraga di atas treadmill dapat membantu anda mengetahui seberapa jauh anda telah berjalan, seberapa lama anda telah berjalan, sehingga anda dapat mengetahui seberapa kuat anda  berjalan ataupun berlari. Langkah yang paling tepat adalah dengan berjalan lambat di 30 menit pertama, kemudian berjalan cepat di 30 menit kedua, dan kemudian berlari di 30 menit ketiga. Lalu di akhiri dengan jalan lambat di 30 menit keempat atau bisa disebut pendinginan.

  • PENDINGINAN

olahraga

Minum air putih sebanyak setengah sampai tiga seperempat liter, 90 menit sebelum latihan. Rata-rata latihan treadmill membutuhkan waktu selama 30 – 60 menit. Anda akan banyak berkeringat dan jika tidak cukup cairan akan mengalami dehidrasi dan sakit kepala. Bekali diri Anda dengan minimal setengah liter air sepanjang latihan. Berkemihlah sebelum latihan. Interupsi saat latihan berlangsung akan mengurangi manfaat olahraga yang seharusnya Anda dapatkan. Setelah pendinginan selesai di sarankan untuk melakukan stretching agar otot-otot tidak tegang setelah berolahraga.

Selamat Berolahraga dan Sehat Selalu !

Sumber Referensi: @metdoctor @kompas

WhatsApp chat