Sebenarnya, Apa sih Diet Golongan Darah Itu?

Sebenarnya, Apa sih Diet Golongan Darah Itu? 1

Wanita identik dengan tubuh yang ideal dan indah. Banyak sekali wanita yang ingin memiliki tubuh ideal dengan berbagai cara. Cara yang paling sering dicoba oleh para wanita adalah dengan melakukan diet. Diet yang dilakukan bermacam- macam salah satunya adalah diet golongan darah.

Diet berdasarkan golongan darah sangat disarankan karena dipercaya cukup efektif menurunkan berat badan. Diet ini digagas oleh seorang dokter bernama Peter D’Adamo asal Amerika Serikat yang mempercayai bahwa makanan yang berguna bagi satu golongan darah, belum tentu tepat bagi golongan darah lainnya.

Pada metode diet golongan darah, makanan dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu makanan bermanfaat, netral dan harus dihindari. Makanan bermanfaat adalah yang dianggap baik untuk kesehatan atau dapat dikonsumsi sebagai obat. Makanan netral adalah makanan yang dikonsumsi sebagai asupan untuk tubuh. Sedangkan makanan yang harus dihindari dianggap sebagai racun. Nah, untuk mengetahui makanan apa saja yang harus dimakan dan hindari berdasarkan jenis darah, adalah sebagai berikut:

  • Golongan Darah A

Sebenarnya, Apa sih Diet Golongan Darah Itu? 2

Diet untuk orang bergolongan darah A ditujukan untuk menghindari stres agar dapat berhasil menurunkan berat badan. Kamu dengan golongan darah A disarankan untuk tidak mengonsumsi daging sama sekali alias vegetarian. Asupan kalori bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi roti gandum. Karena metabolisme golongan darah A cukup rendah, maka makanan yang disarankan adalah kacang-kacangan, tahu, tempe, telur, sayur-sayuran, buah, dan biji-bijian.

  • Golongan Darah B

Sebenarnya, Apa sih Diet Golongan Darah Itu? 3

Diet untuk orang bergolongan darah B lebih ditujukan untuk mengembalikan fungsi kekebalan tubuh secara alami dan metabolisme tubuh, serta untuk membersihkan darah dari lektin. Makanan bermanfaat untuk kamu yang golongan darahnya B adalah makanan yang terbuat dari gandum, snack beras, ikan, dan daging kambing. Sedangkan makanan netralnya adalah sayuran hijau, telur, daging, dan produk olahan susu rendah lemak. Yang harus dihindari oleh golongan darah B adalah ayam, jagung, tomat, dan wijen.

  • Golongan Darah AB

Sebenarnya, Apa sih Diet Golongan Darah Itu? 4

Golongan darah AB sangat mudah beradaptasi dengan berbagai jenis makanan, walaupun makanan yang mengandung lektin yang berbahaya juga tetap perlu dihindari. Makanan yang paling sesuai untuk kamu yang bergolongan darah AB adalah makanan laut (terutama ikan tuna dan sarden), tahu, produk olahan susu, kacang-kacangan (kacang tanah atau kacang hijau) dan sayuran hijau, seperti brokoli, daun seledri. Sedangkan makanan yang harus dihindari adalah minuman beralkohol, kafein, kacang merah, jagung, dan daging-daging olahan.

  • Golongan Darah O

Sebenarnya, Apa sih Diet Golongan Darah Itu? 5

Orang bergolongan darah O memiliki saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang baik, serta memiliki daya tahan tubuh alami terhadap infeksi yang kuat. Bagi kamu yang bergolongan darah O, asupan makanan yang disarankan adalah yang berprotein tinggi, seperti daging unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, susu, keju, dan yoghurt.

Sumber referensi: kompas.com & halodoc

WhatsApp chat