Cara Yang Benar Berolahraga Di Gym Bagi Pemula!

Cara Yang Benar Berolahraga Di Gym Bagi Pemula! 1

Bergabung dengan gym dapat menjadi langkah awal yang baik menuju kehidupan yang lebih sehat. Pada saat ini Anda mungkin merasa iri dengan teman Anda yang sudah terbiasa dengan berolahraga di tempat gym, jangan khawatir mari kita bahas lebih lengkap di sini.

Di mana Anda Mulai?

Tapi apa yang terjadi ketika pertama kali Anda berjalan di gym untuk berolahraga? Anda mungkin merasa bingung dan mencolok. Anda mungkin tidak ingat bagaimana mesin ini bekerja dan, lebih buruk lagi, Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Mulailah dengan berjalan kaki dengan latihan kardio kemudian latihan kekuatan, sehingga Anda bisa mulai beradptasi dengan mudah.

Bagian Cardio yang Ditakuti

Sebagian besar tempat gym dibagi menjadi area yang berbeda dengan kardio di satu sisi dan latihan kekuatan di sisi lain. Bagian cardio mungkin terlihat seperti lautan mesin raksasa yang tak berujung yang berputar dan berdetak dan bergerak dengan cara yang aneh.

Berikut ini sesuatu yang dapat membuat Anda merasa lebih baik, Sebagian besar mesin akan memiliki instruksi yang tercetak pada konsol yang memberi tahu Anda cara memulai. Untuk lebih membantu Anda, berikut ini adalah rincian dari mesin cardio yang paling umum dan mana yang bagus untuk pemula.

  • Treadmill

Cara Yang Benar Berolahraga Di Gym Bagi Pemula! 2

Treadmill Ini adalah salah satu mesin paling populer di gym karena meniru aktivitas yang kita kenal yaitu berjalan dan berlari. Banyak pemula suka memulai dengan treadmill karena mudah digunakan dan akrab. Anda dapat berjalan atau berlari dan Anda dapat menyesuaikan kecepatan dan kemiringan untuk variasi.

  • Elliptical

Cara Yang Benar Berolahraga Di Gym Bagi Pemula! 3

Alat Ini adalah mesin lain yang populer karena menawarkan latihan tanpa dampak cidera berlebih pada lutut. Alat bekerja hampir seperti sepeda, hanya Anda yang mengayuh sambil berdiri. Beberapa latihan akan memiliki landai yang naik dan turun sementara yang lain memiliki pegangan lengan. Anda juga dapat menambah intensitas dengan menyesuaikan tahanan.

  • Stepper Tangga

Cara Yang Benar Berolahraga Di Gym Bagi Pemula! 4

Mesin ini lebih tangguh daripada yang lain, membutuhkan lebih banyak pengkondisian untuk kaki dan jantung, sehingga mungkin bukan yang terbaik untuk pemula. Tapi memang tak ada salahnya untuk dicoba selama di damping oleh pelatih. Dengan mesin ini, Anda berdiri di atas pedal dan mendorong ke atas dan ke bawah sambil memegang gagang, seperti menaiki tangga.

  • Sepeda Stationary

Cara Yang Benar Berolahraga Di Gym Bagi Pemula! 5

Alat Ini adalah pilihan lain yang bagus untuk pemula dan mungkin salah satu kegiatan sederhana yang tersedia di tempat gym. Sebagian besar tempat gym akan menawarkan berbagai versi sepeda. Ada versi yang memiliki lebih banyak dukungan punggung sehinggabisa bersandar, ada juga versi tegak yang mungkin lebih intens.

  • Strength Training Area

Cara Yang Benar Berolahraga Di Gym Bagi Pemula! 6

Area latihan kekuatan mungkin yang paling membingungkan di seluruh gym, penuh alat aneh dengan pegangan dan tali serta kabel. Tapi, hal baiknya adalah sebagian besar gym mengatur peralatan latihan kekuatan mereka untuk membantu Anda mempelajari sedikit lebih mudah. Misalnya, Anda mungkin menemukan mesin yang dikategorikan berdasarkan kelompok otot dada, punggung, bahu, bisep, trisep, perut, dan tubuh bagian bawah.

Anda mungkin akan memperhatikan bahwa ada berbagai mesin untuk setiap kelompok otot. Contoh dari latihan pemula pada mesin mungkin:

  • Chest Press (chest)
  • Lat Pulldown (back)
  • Shoulder Press (shoulders)
  • Biceps Curl (biceps)
  • Triceps Press (triceps)
  • Leg Press (quads, glutes, and hamstrings)
  • Leg Extension (quads)
  • Leg Curl (hamstrings)
  • Back Extension (lower back)
  • Ab Curl (abs)

Jangan khawatir, Anda tidak perlu tahu cara menggunakan semua hal itu! Tetapi Anda ingin memastikan Anda melakukan peregangan setelah latihan untuk menjaga otot tetap lentur dan fleksibel. Anda hanya perlu fokus pada apa yang Anda butuhkan dan goal yang Anda ciptakan.

Sumber referensi: verywellfit.com

WhatsApp chat