Benarkah Protein Telur Dapat Memperbesar Otot?

Benarkah Protein Telur Dapat Memperbesar Otot? 1

Seorang pria pasti ingin memiliki tubuh ideal dengan otot kekar yang akan menjadi salah satu daya tarik di mata wanita. Selain itu akan disegani oleh  pria lain. Banyak dari mereka yang akhirnya pergi ke pusat kebugaran demi mewujudkan impian tersebut. Namun kalau hanya fitness pasti hasilnya belum memuaskan, maka harus ada tambahan asupan protein yang cukup.

Katanya rutin makan telur bisa membantu membentuk otot tubuh. Tak jarang juga banyak olahragawan menggunakan alat fitness iReborn untuk melatih otot mereka. Akan tetapi bisa menjadikan telur sebagai makanan pokok mereka sehari-hari. Apakah benar? Jika iya, lantas seberapa banyak telur yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan otot yang bagus? Mari simak beberapa penjelasn berikut.

  • Tingkatkan Massa Otot dengan Konsumsi Telur

Benarkah Protein Telur Dapat Memperbesar Otot? 2

Meskipun sama dengan sumber protein lainnya, seperti daging, ayam, dan ikan. Telur dianggap lebih mudah didapat, gampang diolah, serta tentunya lebih murah ketimbang sumber protein lainnya. Selain itu, kalau dilihat dari segi gizinya, putih telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dengan kadar lemak yang rendah. Berbeda dengan sumber protein lain yang mengandung lemak yang banyak meski proteinnya juga tinggi.

Contohnya saja, dalam 100 gram putih telur terdapat 92% total kalorinya berasal dari protein, sementara kadar lemaknya hanya 3% saja. Sementara, jika Anda mengonsumsi daging sapi 100 gram, kandungan proteinnya hanya sebesar 38% dari total kalori dan jumlah lemaknya sebanyak 62%.

Jika dibandingkan dengan jumlah kalori, 100 gram putih telur memiliki kalori yang jauh lebih rendah yaitu sekitar 52 kalori saja. Sedangkan dalam 100 gram daging terdapat kalori hingga 287 kalori. Karena itu, putih telur dianggap makanan yang paling baik untuk membentuk dan memperbesar otot, rendah kalori  dan lemak tetapi kandungan proteinnya tinggi.

  • Seberapa Banyak  Putih Telur Dikonsumsi Untuk Pembentukan Otot

Benarkah Protein Telur Dapat Memperbesar Otot? 3

Sebenarnya, tidak ada patokan khusus seberapa banyak protein yang dibutuhkan untuk membentuk otot. Namun beberapa penelitian menyatakan kalau makan protein sebanyak 20-30 gram per hari, dapat membantu pria yang sedang dalam program membesarkan otot.

Jika seperti itu, mari lihat protein yang ada di dalam putih telur. Dalam 100 gram putih telur, terdapat sekitar 11 gram protein. Maka, Anda setidaknya membutuhkan 3-4 butir telur untuk mendapatkan protein 20-30 gram dari putih telur tersebut.

Itulah sedikit informasi tentang manfaat telur untuk membantu meningkatkan massa otot. Untuk membentuk otot tebal dan kekar, tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi telur dan mencukupi protein saja, melainkan juga harus diikuti dengan program latihan beban, agar otot yang dihasilkan tidak hanya besar, tetapi juga padat.

Sumber referensi: hellosehat.com, programfitnes.com, dan carabuas.xyz

WhatsApp chat