Tips Olahraga Ala Rumus FITT Untuk Kebugaran Tubuh

Olahraga merupakan kegiatan wajib yang bisa dilakukan setiap manusia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh setiap harinya. Kegiatan olahraga ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan durasi waktu yang beragam. Durasi dari olahraga ini bisa ditentukan dengan tujuan dari olahraga yang ingin di capai, seperti tujuannya adalah untuk menjadikan tubuh ideal, untuk kesehatan jantung, untuk kebugaran tubuh dan masih banyak lagi tujuan yang ingin dicapai ketika berolahraga.

Untuk mencapai tujuan tersebut, latihan olahraga perlu dilakukan secara tepat. Secara prinsip, seharusnya semua olahraga yang kita lakukan perlu memenuhi formula FITT yang  untuk mempermudahkan kita menghitung tingkat aktivitas fisik saat melakukan olahraga. Formula FITT adalah suatu formula latihan yang meliputi pengaturan aspek-aspek seperti: Frekuensi, Intensitas, Tipe dan Time.

Tips beberapa aktivitas olahraga yang bisa mengaplikan rumus FITT adalah seperti berikut:

  1. BERSEPEDA

Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

Bersepeda bisa dilakukan dengan frekuensi waktu 3-5 kali dalam 1 minggu dengan intensitas latihan berat atau ringan sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan, dengan durasi waktu 30-60 menit per sesi.

2. BERENANG

Sebuah studi menyimpulkan, dalam latihan yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu, konsumsi oksigen naik hingga 10 persen dari partisipan pria dan wanita paruh baya. Selain itu, dampak peningkatan jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen, yang berarti peningkatan kekuatan jantung.

Berenang bisa dilakukan dengan frekuensi 2-3 kali dalam 1 minggu dengan intensitas renang 3-5 kali putaran dengan gaya berenang yang ringan sampai sedang tergantung kemampuan, dengan durasi 30-60 menit persesi.

3. Lari di Treadmill

Lari secara rutin akan menguatkan jantung, menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh. Jantung sebagai bagian dari otot tubuh pun akan semakin kuat. Kapasitas otot untuk menyerap oksigen juga akan meningkat. Sebuah jantung yang terlatih dengan rutinitas lari akan memompa jumlah darah yang lebih besar per siklus. Saat aliran darah meningkat, konsumsi oksigen juga akan meningkat. Semua jaringan dan organ dalam tubuh Anda akan menerima lebih banyak darah yang kayak akan oksigen dan nutrisi.

Frekuensi latihan dari latihan ini bisa dilakukan 3-5 kali dalam seminggu, dengan intensitas ringan sampai berat tergantung kekuatan, dan dengan durasi waktu 30-60 menit persesi.

Dengan berolahraga teratur dan mengaplikasikan rumus FITT ini diharapkan mampu menjadikan tubuh, pikiran, dan jantung lebih sehat dan bugar. Selamat Berolahraga dan Sehat Selalu!

Sumber: Detik Health, Alo Dokter

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat