Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jasmani Dan Rohani

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jasmani Dan Rohani 1

Kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dinilai dengan harta benda. Untuk menjaga kesehatan, tubuh perlu diberikan kesempatan untuk istirahat. Puasa, yang mensyaratkan untuk tidak makan, minum, dan melakukan perbuatan-perbuatan lain yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Puasa juga dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.

Manfaat puasa bagi jasmani dan rohani sangatlah besar, sehingga puasa bukan hanya bisa dijalankan ketika bulan puasa atau hanya untuk umat muslim saja, tetapi puasa bisa dilaksanakan oleh semua umat manusia. Karena puasa banyak sekali manfaat untuk kebaikan tubuh manusia, seperti:

  • Membakar Lemak Dalam Tubuh

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jasmani Dan Rohani 2

Saat puasa, kalori yang terbakar akan lebih banyak dari kalori yang dikonsumsi, apalagi jika selagi berpuasa aktivitas tetap dilakukan seperti biasa. Setidaknya dalam delapan jam sehari, gula dan karbohidrat yang dikonsumsi pada hari itu terbakar habis, setelah itu tubuh memanfaatkan lemak untuk mendapatkan energi. Namun, penting untuk diingat bahwa makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka harus mengandung campuran protein, lemak dan karbohidrat secukupnya.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jasmani Dan Rohani 3

Puasa bisa memicu peningkatan produksi protein yang diproduksi otak atau BDNF. Protein ini membantu peremajaan dan regenerasi sel induk otak dan meningkatkan fungsi memori dan motor. Menurut Mark Mattson, seorang peneliti ilmu syaraf di National Institute of Aging (Amerika Serikat), puasa intermitten bahkan dapat menunda timbulnya penyakit Parkinson dan Alzheimer.

  • Meningkatkan Kesehatan Rohani

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jasmani Dan Rohani 4

Manusia dapat menahan godaan yang ada di sekitarnya, karena puasa yang dijalani serta dapat meningkatkan nilai ibadah di mata Tuhan Yang Maha Esa, juga dapat mendamaikan hati dan fikiran.

Dengan penjelan diatas bisa diketahui bahwa puasa sangat banyak manfaat baik untuk tubuh, sehingga jangan takut sakit bila berpuasa. Selamat berpuasa dan Sehat Selalu !

Sumber referensi : republika.co.id

WhatsApp chat