Tips Waktu Terbaik Mengkonsumsi Suplemen Amino Untuk Pembentuk Otot

Ada banyak sekali alasan mengapa orang rajin dan rutin mengikuti latihan fitness, mungkin sebagian besar beralasan karena menginginkan tubuh yang lebih fit dibanding sebelumnya. Sebagian lain mungkin akan beralasan ingin memiliki otot atau menambah masa otot sehingga terlihat lebih macho dan lebih kekar. Orang beranggapan jika pria yang memiliki otot akan terlihat lebih kekar dan juga lebih macho.

Ada beberapa cara tambahan untuk mempercepat proses pertumbuhan otot selain melakukan latihan fitness secara rutin, salah satunya yaitu meminum suplemen amino. Amino mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk pembentukan otot. Pada saat terjadi pergerakan pada otot dikarenakan olahraga beban berat, protein membantu proses penyembuhan dan pertumbuhan otot yang lelah setelah olahraga.

Mari kita bahas tips mengenai waktu terbaik untuk mengkonsumsi suplemen amino yang tepat.

  • Pagi Hari 

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi suplemen amino. Pada pagi hari kondisi protein pada tubuh sangat rendah karena tidak mendapat asupan makanan selama tidur. Pada sisi lain, tubuh mengalami fase anabolik di mana tubuh menyerap berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk dikirim ke seluruh sel-sel tubuh yang membutuhkan. Suplemen amino di pagi hari baik untuk mendukung proses anabolik tubuh karena dapat diserap lebih cepat tanpa melalui proses pencernaan. Suplemen amino kemudian digunakan untuk membangun berbagai jaringan tubuh seperti otot dan tulang. Selain itu suplemen amino digunakan sebagai sumber energi otot saat berkontraksi seperti mengangkat barang, berjalan, dan berpikir.

  • Setelah Latihan (Post Workout)

Suplemen amino tidak boleh dilewatkan setelah latihan (workout). Tubuh membutuhkan suplemen amino untuk membantu menghentikan proses katabolisme dalam tubuh dan mengembalikan protein otot yang digunakan sebagai energi selama latihan. Hasilnya jumlah protein pada otot kembali tercukupi dan massa otot tidak mengalami penyusutan.

Pasca latihan, otot akan mengalami kelelahan dan kerusakan pada beberapa jaringan otot. Kondisi ini sering menyebabkan Anda merasa pegal-pegal atau bahkan sakit pada otot. Kondisi ini tidak bisa sembuh begitu saja hanya dengan tidur. Anda butuh mengkonsumsi suplemen amino setelah latihan untuk mempercepat proses penyembuhan otot pasca latihan. Jika tidak, maka Anda butuh waktu yang lebih lama untuk mengembalikan stamina otot dan akan menghambat latihan berikutnya.

Inilah beberapa tips waktu yang terbaik untuk meminum suplemen amino untuk otot, dengan keterangan di atas kita bisa tahu bahwa suplemen amino selain untuk membentuk otot tetapi juga bisa untuk menyembuhkan otot yang nyeri setelah berolahraga , agar workout atau latihan tidak terganggu.

Selamat berolahraga dan tetap bugar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat