Tips Stretching Untuk Manula

Peregangan otot secara teratur sangat bermanfaat bagi para manula yang mobilitasnya sudah mulai berkurang. Selain minim cidera, peregangan otot juga memperlancar peredaran darah di tubuh. Selama ini kita mengenal stretching sebagai suatu gerakan yang santai dan perlahan untuk melemaskan otot otot pada tubuh.

Sejumlah peneliti dari Universitas Negeri Florida, Universitas Negeri Kansas dan Universitas Elektro Komunikasi di Tokyo meneliti latihan tersebut dan menemukan bahwa peregangan otot secara teratur selama lima kali setiap seminggu dalam satu bulan akan meningkatkan aliran darah ke otot-otot kaki bagian bawah. Secara detail, gerakan tersebut meningkatkan fungsi arteri di otot-otot kaki bawah dan meningkatkan jumlah kapiler di dalam otot yang diregangkan.

Stretching harus dilakukan dengan benar untuk mendapatkan manfaat lebih bagi manula. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan stretching dengan benar:

  • Atur pernafasan.

Pernafasan adalah bagian penting dari setiap latihan, termasuk saat melakukan stretching. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghitung napas Anda. Hirup napas lewat hidung dan keluarkan secara perlahan melalui mulut. Anda tidak perlu menahan napas.

  • Lakukan setiap gerakan stretching selama 10-30 detik.

Melakukan stretching dengan waktu yang sangat singkat tidak akan cukup untuk meregangkan otot. Regangkan otot secara bertahap tapi jangan dipaksakan. Hindari melakukan gerakan naik turun. Melakukan gerakan naik turun sambil melakukan stretching dapat merusak otot yang sedang regangkan. Kerusakan ini bahkan dapat menyebabkan terbentuknya jaringan bekas luka.

  • Lakukan latihan keseimbangan tubuh.

Pastikan meregangkan kedua bagian tubuh Anda secara sama, sehingga semua otot akan siap beraksi secara merata. Stretching ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh secara alami, jika rutin dilakukan.

  • Hentikan jika terasa sakit.

Stretching seharusnya tidak menyakitkan. Jika Anda mencapai satu titik saat melakukan stretching dan terasa sakit, cobalah untuk rileks di tempat yang terasa tidak nyaman tadi dan tahan stretching sejenak.

Apabila gerakan tersebut dilakukan secara teratur, para manula akan dapat mengatasi rasa sakit pada kaki saat berjalan.

Sumber referensi: KOMPAS.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat