Kesalahan Pemakaian Treadmill Yang Wajib Anda Tahu!

Bagi Anda yang rutin brolahraga seperti lari atau jalan santai maupun jalan cepat, tentu jadi malas saat cuaca tidak mendukung. Anda tidak perlu khawatir, Anda masih bisa menggunakan treadmill yang ada di rumah atau pergi ke tempat fitness. Akan tetapi, jangan sampai Anda melakukan berbagai kesalahan menggunakan treadmill karena akan berakibat cidera.

Perlu diketahui, treadmill adalah alat yang mampu membantu untuk berjalan, berlari, bahkan berjalan menanjak tanpa berpindah tempat. Di dalam dunia olahraga, treadmill digunakan untuk berlari atau berjalan di satu tempat, dengan conveyor belt yang digerakkan dengan mesin atau secara manual. Treadmill modern digunakan dengan menggunakan listrik dengan berbagai variasi.

Inilah beberapa kesalahan saat menggunakan treadmill yang masih sering dilakukan beberapa orang:

  • Tidak Pemanasan

Inilah kesalahan yang dianggap bisa tapi sebenarnya sangat mempengaruhi produktifitas olahraga Anda. Ketika Anda tidak melakukan pemanasan sebelum berlari diatas treadmill maka otot betis akan terasa kaku yang memungkinkan akan terjadinya keram pada saat berlari di atas treadmill.

  • Berdiri Terlalu Dekat Monitor

Ketika treadmill mulai bergerak, berdiri di dekat monitor bisa membatasi gerakan Anda. Saat Anda mencoba untuk mundur atau maju, postur tubuh akan menjadi berubah. Akibatnya, bagian pinggul ke bawah akan menjorok ke belakang. Jika posisi dan postur tubuh tidak Anda betulkan dengan segera, keseimbangan tubuh bisa terganggu. Gerakan tangan kanan dengan kaki mungkin menjadi tidak seirama. Kesalahan ini pada akhirnya akan membuat Anda cidera saat berolahraga.

  • Terlalu Lama Berpegangan

Berpegangan pada treadmill mungkin bisa membantu Anda agar tetap seimbang berdiri. Sayangnya, ini akan mengurangi beban pada kaki jika Anda terus melakukannya. Artinya, akan lebih sedikit kalori yang dibakar.

Berpegangan pada sisi treadmill juga bisa mengubah postur tubuh dan menciptakan ketegangan pada otot leher, otot bahu, dan otot lengan. Postur tubuh ini bisa membuat tubuh menjadi membungkuk dan akhirnya menyebabkan nyeri pada punggung Anda.

  • Melangkahkan Kaki Terlalu Lebar

Melangkah lebih pendek dan lebih cepat lebih baik dibanding dengan melangkahkan kaki terlalu jauh. Melangkah lebih pendek, membuat Anda bisa konsentrasi lebih baik dan membuat otot untuk membakar lebih banyak kalori. Sementara melangkah terlalu jauh, bisa mengganggu konsentrasi, keseimbangan tubuh, dan bisa membuat Anda jatuh.

  • Mencoba Berlomba

Saat berada di gym, tentu akan menggunakan treadmill bersebelahan dengan orang lain atau bersama teman Anda yang melakukan olahraga bersama. Namun, saat bersampingan dengan teman atau pasangan Anda, lebih baik jangan terlalu merasa tertantang yang kemudian menjadi ajang balap lari di tempat. Karena hal tersebut dapat menyiksa tubuh Anda sendiri yang ditakutkan pada akhirnya akan cedera. Santai saja dalam menggunakannya, fungsikan treadmill sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa kesalahan pada penggunaan treadmill yang mungkin tanpa disadari sering dilakukan. Jangan sampai niat kita ingin berolahraga malah akan mencederai diri sendiri karena kesalahan di atas.

Sumber referensi: idntimes.com, hellosehat.com, detiksehat.com, dan male.co.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat